Ban botak mengurangi keamanan

Rekan-rekan... ban adalah faktor penting dalam keamanan berkendara, menjadi penentu handling yang baik saat motor melaju. Mengabaikan kondisi ban yang sudah sangat kritis akan membuat keselamatan menjadi taruhan nya. Ban botak berakibat hilangnya cengkraman ban ke aspal dan akan sangat terasa saat melibas trek basah mau pun berpasir.

Memilih ban hendaknya disesuaikan dengan medan yang sering ditempuh. Profil ban yang tepat akan membuat perjalanan terasa menyenangkan. Sebaiknya pikirkan lagi saat hendak mengganti ban, jangan sampai demi mengejar tampilan... malah mengorbankan sektor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Tidak Semua Ban Botak Mengurangi Keamanan

Tentu saja tidak semua ban botak akan mengurangi keamanan dalam berkendara. Didunia balap, banyak ban botak alias gundul digunakan. Perhatikan saja ban yang dipakai di balapan bergengsi Motogp bahkan sampai motor drag tanah air pun menerapkan ban botak untuk balapan.

Namun ban botak yang digunakan untuk balapan, tidak sama dengan ban botak lantaran sudah aus karena pemakaian. Ban botak untuk balap atau ban tipe Slick lebih bagus menapak ke aspal, lantaran ditunjang bahan yang bagus. Beda hal dengan ban motor yang aus dan botak lantaran alur ban sudah habis.

[update]

Ban botak atau ban slick juga memiliki petunjuk keausan berupa lobang kecil yang terdapat pada tapak ban yang bersentuhan dengan jalan. Jadi keausan bisa terdeteksi apa bila lubang sudah tidak ada lagi sebagai acuan membaca keausan ban slick seperti yang digunakan pada Yamaha Mio rekan kita ini.

Apakah mengaplikasikan ban slick untuk aman untuk harian? Jika kita mengacu kepada petunjuk pabrikan ban sepeda motor nya, tentu saja sangat tidak dianjurkan. Pada sisi samping ban sudah disertakan petunjuk penggunaan ban yang hanya untuk balapan saja dan tidak untuk harian.

Kompon ban yang lunak membuat keausan lebih cepat jika diterapkan untuk pemakaian harian. Sehingga berujung boros dan kurang aman untuk digunakan karena tidak sesuai spek dan fungsinya. Memilih ban dengan profil yang sesuai untuk harian dan mengganti ban yang sudah botak karena pemakaian lebih baik segera sebelum berdampak buruk terhadap keselamatan dalam berkendara.