Ganti oli mesin sesuai aturan pabrik

Penggantian oli mesin berkala bisa saja dilakukan sendiri tapi jangan lupa kapasitas yang dianjurkan pabrikan. Pada bagian bak kopling biasanya tertera angka yang bisa jadi patokan jumlah oli yang akan di ganti. Jangan sampai keraguan membuat kita melebihkan jumlah oli atau sebaliknya menjadi kurang dari yang seharusnya.

Terkadang sebagian dari kita beranggapan dengan menambahkan oli  melebihi kapasitas yang dianjurkan akan memberikan dampak baik, padahal mesin motor menjadi lebih berat dan mesin akan semakin cepat panas. Dan ada juga yang beranggapan dengan mengurangkan jumlah oli mesin saat penggantian rutin akan membuat mesin motor menjadi ringan.

Mesin memang akan terasa ringan jika jumlah oli mesin kurang dari kapasitas yang seharusnya.Tapi jangan lupa, oli bersirkulasi dalam mesin melumasi bagian-bagian mesin. Apa lagi untuk mesin 4 langkah, oli melumasi komponen didalam head silinder dengan bantuan pompa oli.

Jika kapasitas oli kurang, sirkulasi oli jadi tidak sempurna dan akan membuat komponen mesin cepat aus serta suara mesin yang berisik. Maka dari itu, ganti oli sebaiknya sesuai dengan aturan pabrik, agar mesin awet dan tenaga mesin tetap maksimal. Dan jangan pernah lalai dalam mengganti oli mesin karena akan berakibat fatal pada komponen mesin motor kita.