Mengenal Bahan Cat Motor

Pada dasarnya bahan cat motor sama saja dengan bahan cat untuk mobil. Hanya saja media nya sedikit berbeda. Mobil media nya logam sementara motor media nya plastik. Akan tetapi tahap pengerjaannya tetap sama dan tidak jauh beda. Sedikit perbedaan untuk media plastik, ada plastik yang berbahan ABS, ada plastik yang berbahan PP. Bahan cat untuk motor terdiri dari Epoxy filler, cat, thinner dan clear coat.

EPOXY FILLER

Epoxy filler berguna sebagai dasar cat yang memberi ketahanan pada cat dan menutupi pori-pori halus serta membantu untuk mencegah cat keriting / retak / keriput. Lantaran epoxy filler cukup kental maka dibutuhkan thinner untuk mengencerkan nya agar mudah saat diaplikasikan dengan spray gun. Epoxy filler biasanya memiliki hardener yang dikemas terpisah. Menambahkan hardener hanya dilakukan pada saat akan melakukan pengenceran untuk tahap pengecatan saja. Jangan pernah menambahkan hardener kedalam kaleng epoxy jika tidak akan di pakai karena akan membuat epoxy segera menjadi keras dalam waktu yang singkat.

THINNER

Terdapat beberapa jenis thinner yang mudah ditemui di pasaran. Dalam fungsi nya untuk mengencerkan cat, thinner sebaiknya mengikuti jenis cat yang mau di pakai. Jika cat nya berbahan dasar NC maka thinner nya pun sebaiknya thinner khusus pengencer cat NC juga. Jika cat yang di gunakan berbahan PU,maka thinner nya pun sebaiknya thinner PU juga.

CLEAR COAT

Begitu juga dengan clear coat. Bahan cat motor yang satu ini rata-rata berjenis PU sehingga untuk mengaplikasikan nya dibutuhkan thinner PU, dimana akan lebih baik sekali jika menggunakan thinner dan clear coat dari merk yang sama. Namun berdasarkan pengalaman dibengkel selama ini, penggunaan bahan yang lintas merk pun masih bisa untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan yang baik.

CAT MOTOR

Umumnya, cat otomotif yang mudah didapat adalah jenis NC dimana kualitasnya tidak sebagus jenis PU. Berdasarkan pengalaman, cat PU memiliki daya tutup yang sangat baik. Keuntungannya... mudah saat digunakan dan lebih cepat menutup bagian yang ingin dilapisi cat, hanya saja harganya sebanding dengan kualitas yang diharapkan. Namun menggunakan cat jenis NC juga tidak masalah, karena kualitas cat NC juga tidak jelek-jelek amat dan harga untuk menebusnya pun tidak terlalu merogoh saku dalam-dalam.

Sekian rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.