Mengenal Perkakas Bengkel Motor

Peralatan bengkel berguna untuk membantu pekerjaan kita. Dengan alat yang tepat, kita bisa dengan mudah melakukan pekerjaan. Logika nya begini, akan mudah mengecat motor dengan menggunakan spray gun dan kompresor dari pada dengan semprotan obat nyamuk.

Kami bisa menyimpulkan begitu karena kami juga pernah mengalami. Contoh lain nya, kita memang tetap bisa melepas magnet motor dari kedudukan nya meski pun tanpa treker. Tapi membutuhkan usaha yang sedikit lebih rumit dibandingkan menggunakan treker magnet. Karena itu, dengan mengenal peralatan bengkel motor semoga bisa membantu kita dalam mengerjakan aneka pekerjaan bengkel. Setidaknya untuk memperbaiki motor sendiri dirumah.
Tang
Berfungsi untuk membantu menjepit. Berbagai ukuran tersedia dan mudah di dapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Jika digunakan sesuai dengan fungsinya, perkakas ini akan tahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hanya saja kesalahan yang sering ditemukan, tang digunakan untuk memukul/mengetok lantaran malas mengambil palu. Akibatnya mulut tang menjadi goyang dan tidak mendekap erat lagi sebagaimana mestinya.

Kunci Reng
Tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa dibeli satuan. Sehingga kita tidak harus membeli dalam set banyak sekaligus. Menggunakan kunci reng bisa mengurangi lecet pada baut di bandingkan kunci Pas.

Kunci Pas
Tersedia dalam berbagai ukuran dan sangat membantu kita saat membuka dan memasang baut pada bagian motor yang sempit. Dalam penerapan nya terkadang  kunci pas sering dikombinasikan dengan kunci Reng saat memasang baut dan mur. Dalam penerapan nya, tidak semua baut boleh dibuka dengan kunci pas. Memaksa membuka baut yang terkunci kuat dengan kunci pas terkadang menjadi pemicu kerusakan pada baut atau mur. 

Kunci Sok
Bisa di beli satu set dan bisa satuan. Sebaiknya jangan membeli yang berkualitas rendah, sebab mata/anak kunci sok cepat rusak. Lebih baik yang berkualitas baik dan bisa tahan lama serta mengurangi lecet pada saat membuka baut. Tangkai kunci sok boleh saja yang kualitas biasa tapi matanya harus bagus. Kekurangan tangkai kualitas sedang terdapat pada bola/laher kecil penahan mata  kunci yang biasanya mudah copot sehingga tidak bisa menahan mata kunci lagi. kesalahan yang sering ditemukan dalam penggunaannya, sama dengan tang... sering kali digunakan untuk mengetok/memukul lantaran malas mengambil perkakas yang tepat.

Kunci Klep
Penggunaan kunci klep sangat terasa membantu saat kita membuka klep tutup. Ukuran nya yang tipis memudahkan kita saat membuka atau pun memasang tutup klep motor yang tutup klep nya dekat dengan karburator. Menggunakan kunci klep bisa mengurangi lecet pada tutup klep.

Obeng
Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis.Ada obeng kembang dan ada obeng min. Penggunaan yang tepat dan pada tempat nya akan membuat obeng tahan lama. Harga satuan mau pun harga  satu set nya relatif murah dan mudah ditemukan di pasaran.

Kunci T
Tersedia dalam berbagai ukuran dan relatif murah serta mudah di temukan di pasaran. Ujung mata kunci T bisa dipotong jika sudah aus, sehingga bisa berfungsi dengan baik kembali.

Tang Stel
Tang stel mencengkram sangat kuat dan bisa disesuaikan dengan ukuran yang akan di jepit. Tang ini sangat membantu saat kita menemukan kejadian baut patah.

Kunci L
Tersedia dalam berbagai ukuran dan harga yang bervariasi. Kunci L ada dua tipe, kunci L biasa dan kunci L bintang. Lebih baik membeli yang berualitas, apa lagi untuk jenis L bintang. Karena L bintang kualitas rendah sangat mudah rusak. Lain hal nya dengan kunci L biasa, kadang harga nya murah tapi cukup kuat dan tahan.

Kunci Salome
Kunci multi fungsi ini bisa membuka atau pun mengunci baut dan mur dengan berbagai ukuran. Kelebihannya bisa menghemat perkakas yang dibawa saat kita bepergian.

Kunci Inggris
Hampir sama dengan kunci salome, kunci inggris bisa membuka dan mengunci baut mau pun mur dengan berbagai ukuran. Tapi kunci Inggris hanya menapak di dua sisi baut dan mur. Hal ini lah yang sering membuat lecet pada saat membuka atau mengunci.

Tang Spi
Memudahkan kita dalam membuka dan memasang spi. Kunci ini tersedia dalam dua jenis, ada yang khusus merapatkan spi dan ada yang khusus merenggangkan spi.

Masih banyak jenis perkakas bengkel motor yang ada, tapi dengan peralatan seadanya kita sudah bisa untuk  utak-atik motor sendiri. Dan untuk mencapai tingkat profesional tentu saja harus didukung dengan perkakas yang lengkap dan lebih baik lagi.