Saat Kita Harus Mengganti Benen dan Ban Motor Sendiri

Keadaan yang tidak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Begitu juga hal nya dalam berkendaraan. Kadang disaat kita akan berkendara ,ban motor kempes dan jauh dari jasa tambal. Sialnya, tidak hanya benen alias ban dalam yang bocor. Kondisi ban yang sudah botak menuntut untuk diganti dengan yang baru. Mungkin disitu saat nya kita harus bisa mengganti benen / ban dalam dan ban luar motor sendiri.


Trik dalam membuka ban dari velg agar bisa mengeluarkan benen dari dalam ban

Pastikan angin yang terdapat pada ban dalam alias benen, benar-benar kosong dengan menekan pentil atau bisa juga dengan melepas isi pentil. Jika angin sudah kosong, tekan pinggir ban agar terlepas dari velg. Mulailah mencongkel bagian ban yang dekat dengan kepala pentil. Sebaiknya gunakan sendok ban (perkakas bengkel yang bisa dibuat sendiri). Jika tidak ada, cukup dengan menggunakan dua buah obeng min yang besar juga sudah bisa.


Beberapa hal kecil yang sering kita abaikan saat mengganti benen atau ban dalam, yaitu masalah ukuran. Sangat dianjurkan untuk memakai benen / ban dalam dengan ukuran yang sama dengan ukuran ban. Bahkan menggunakan benen dengan merk yang sama dengan ban yang dipakai, bisa membuat benen / ban dalam tahan lebih lama.

Menggunakan benen/ban dalam dengan ukuran yang tidak cocok, seperti ukuran yang lebih besar dari ukuran ban, akan membuat benen / ban dalam terlipat dan akan memicu kebocoran setelah pemakaian beberapa waktu. Akan lebih kurang resikonya, jika kita menggunakan benen / ban dalam dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran ban. Penggunaan ban dalam/benen dengan ukuran yang lebih kecil, sebenarnya tidak dianjurkan tapi bisa menjadi alternatif disaat tidak bisa menemukan dengan ukuran yang seharusnya.

Setelah benen / ban dalam berhasil dikeluarkan, kita bisa mengganti dengan yang baru. Apa bila ingin mengganti ban, sekaranglah saat yang tepat untuk melakukannya.Untuk memasang kembali, ada trik agar ban bisa dengan mudah masuk kedalam velg. Lumasi bagian pinggir ban yang bersentuhan dengan velg dengan oli secukupnya. Bisa dengan bantuan kuas atau olesi dengan jari. Setelah itu baru kita pasang ban berikut ban dalam nya. Untuk lebih jelasnya, silahkan saksikan video berikut atau lihat di saluran YouTube Hayyu Motor. Sekian dulu rekan-rekan semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama.