Peralatan Airbrush untuk Belajar Airbrush Motor Sendiri

Peralatan berfungsi untuk membantu kita dalam bekerja. Tanpa alat yang tepat, pekerjaan akan menjadi sulit untuk diselesaikan. Begitu juga dalam pengerjaan airbrush. Tanpa alat airbrush kita tidak bisa airbrush motor sendiri. Ketepatan peralatan akan menentukan hasil dan lama pengerjaan airbrush.



Kompresor mini cocok untuk Belajar Airbrush motor

Banyak jenis kompresor yang bisa ditemukan di pasaran. Akan tetapi untuk lebih efektif sebaiknya kita menggunakan kompresor mini dengan penggerak dinamo, bukan mesin. Ukuran nya yang kecil memudahkan kompresor untuk di bawa dan disamping itu harganya pun tidak mahal.

Kelebihan Kompresor Mini

Arus yang dibutuhkan cukup kecil sehingga bisa digunakan dengan daya listrik yang masih 900 watt. Ukuran nya yang kecil tidak membutuhkan ruang yang besar sehingga bisa belajar airbrush dalam ruangan seadanya. Dinamo putaran tinggi membuat pengisian nya sangat cepat dan sistem otomatis nya memutus arus listrik sendiri saat penuh dan mengisi sendiri saat tekanan angin sudah kurang. Disamping itu kompresor mini memiliki pengatur tekanan angin, sehingga kita mudah mengatur tekanan angin sesuai kebutuhan. Untuk tahap belajar airbrush motor, kompresor mini sudah cukup mumpuni.

Kekurangan Kompresor Mini

Tidak semua kompresor mini memiliki onderdil pengganti. Hal ini membuat kita kesulitan untuk memperbaiki nya jika menemukan kerusakan setelah sekian lama pemakaian, seperti kerusakan dinamo maupun piston dan dan ring. Akan tetapi semua itu bukan masalah yang besar, karena tujuan nya adalah untuk tahap belajar. Selama tidak menggunakan nya untuk pengecatan bidang motor yang luas, kompresor mini cukup tahan dalam pemakaian.

Merawat kompresor mini

Perawatannya sangat minim. Hanya saja kita perlu memperhatikan keadaan oli, jangan sampai mengoperasikan nya dalam keadaan kurang oli. Dan sesekali tidak ada salah nya mengganti oli, meski pun warna nya tidak berubah. Dan jangan lupa membuang air yang ada dalam tabung lewat baut pembuangan di bagian bawah tabung. Lakukan secara berkala agar air tidak terbawa saat mengerjakan airbrush.


Cukup satu Penbrush untuk Tahap Belajar Airbrush


Pada tahap belajar, satu buah penbrush dengan ukuran 0,3 sudah cukup. Dengan harga yang tidak mahal dan mudah didapatkan,penbrush tanpa merk pun sudah bisa untuk dijadikan alat belajar airbrush motor sendiri. Sekali pun harga nya tidak mahal, penbrush ukuran 0,3 lumayan tahan bahkan bisa sampai tahunan. Tapi tentu saja dengan cara pemakaian dan perawatan yang baik.

Perawatan penbrush sebenarnya tidak begitu rumit. Selalu membersihkan penbrush dengan thinner setiap selesai melakukan pengecatan adalah cara terbaik agar penbrush tetap bersih dan tahan. Membiarkan cat terlalu lama dalam tabung penbrush akan mengakibatkan cat mengendap dan membuat penbrush tidak bisa bekerja dengan baik.

Mengatasi penbrush yang macet lantaran cat mengendap, bisa dengan memasukkan thinner kedalam tabung lalu menarik ulur jarum sambil sambil tetap menekan penbrush sampai endapan cat keluar karena tekanan angin dari kompresor. Jika trik membersihkan seperti itu tidak mampu mengatasi persoalan penbrush yang macet, barulah lakukan pembongkaran komponen penbrush untuk dibersihkan kemudian merakitnya kembali.