Masker Untuk Pengecatan Motor

Memakai masker selama proses pengecatan memang harus dibiasakan, sekali pun hanya mengecat bidang motor yang kecil dan sebentar. Masker untuk pengecatan motor sangat membantu dalam mengatasi terhirupnya debu cat kedalam paru-paru. Terkadang kurang nya kesadaran akan keselamatan kerja membuat kita mengabaikan menggunakan masker selama pengerjaan pengecatan motor.


Semakin bagus kualitas masker akan semakin membawa kebaikan bagi yang sering melakukan pengecatan. Beberapa trik yang dilakukan guna mengurangi terhirup nya debu cat, tidak akan sebaik jika menggunakan masker yang bagus. Trik yang dimaksud seperti : melakukan pengecatan diluar ruangan dengan tujuan agar sirkulasi udara lebih baik, akan tetapi tetap saja partikel cat terhirup dan mengendap dalam paru-paru.

Menggunakan kain sebagai pengganti masker pun tidak banyak membantu. Partikel cat yang sangat halus sepertinya masih saja lolos dan terhirup. Dampak nya bisa terasa dalam waktu yang singkat. Berdasarkan pengalaman pribadi, jika seharian terlalu banyak dan lama mengecat akan membuat nafas menjadi berat. Akan lebih terasa saat malam hari dan membuat dada sesak.

Banyak minum susu akan membantu ?

Opini seperti itu boleh saja benar, tapi tetap saja tidak menjadi jalan keluar yang baik. Sebagian rekan-rekan yang menemani saat pengecatan motor di bengkel menyarankan agar banyak minum susu agar membantu mengurangi kadar racun dalam darah. Namun mencegah terhirup nya debu cat dengan menggunakan masker yang bagus, akan lebih baik dari pada meminum banyak susu setelah banyak menghirup debu cat.

Akan tetapi untuk mendapatkan masker berkualitas baik, sedikit lebih sulit jika tinggal didaerah. Beberapa toko yang masih berhubungan dengan pengecatan bahkan tidak menjual masker sama sekali, apa lagi masker yang berkualitas. Jika pun ada, tidak lengkap dengan saringan nya, sehingga saya sendiri pernah melakukan sedikit modifikasi pada masker yang sudah harus ganti saringan.

Pada intinya, menggunakan masker selama pengecatan sebaiknya menjadi kebiasaan lantaran kesadaran akan resiko debu cat terhadap kesehatan. Dan memiliki masker yang berkualitas baik sepertinya bukan hal untuk dipertimbangkan lagi, melainkan kebutuhan yang harus dimiliki jika tidak ingin membayarnya dengan kesehatan.