Mio Sporty Airbrush minim modifikasi

Lantaran hanya untuk dipakai harian,mio sporty airbrush milik Capin ini masih minim modifikasi.Agar tampilan standar segera hilang,body set mio sporty ini pun di cat ulang dengan motif airbrush grafis yang tidak rumit dalam pengerjaan nya.

Beberapa part variasi memang sudah menempel menggantikan part asli.Cakram variasi ukuran lebar dan velg variasi 14 model jari-jari,berpadu dengan teromol Kawasaki Ninja menggantikan velg mio sporty yang aslinya model palang.Tapi tetap saja minim modifikasi karena masih banyak yang bisa diganti dengan part variasi,seperti knalpot,hand grip serta tuas rem.


Bahan cat yang digunakan dalam pengecatan mio sporty airbrush Capin,hanya cat biasa yang mudah didapat.Motif airbrush mio ini pun tidak rumit,grafis simpel lantaran waktu pengerjaan yang tidak panjang.Berakhir dengan melapisan clear coat sebanyak 3 lapisan tipis untuk anti gores dan mendapatkan kilap yang lebih baik.

Tahap awal pengecatan tentu saja dengan melepas seluruh cover body untuk diamplas. Cat asli yang berwarna biru dikerok seperlunya saja karena tidak akan bermasalah saat pengecatan nantinya. Setelah itu dilanjutkan dengan melapisi epoxy filler sebagai dasar.

Cat asli kok masih dilapisi epoxy filler? Ya, sebenarnya tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing. Sekali pun bisa langsung dicat, saya tetap memberi lapisan epoxy filler agar mudah melihat bagian yang harus didempul lantaran baret atau terdapat goresan halus. Disamping itu bisa mengantisipasi kegagalan dalam pengecatan sekiranya masih terdapat minyak atau oli yang bisa membuat cat tidak menempel sempurna.

Setelah itu lapisan cat putih diberikan keseluruh body lalu dilanjutkan dengan tahap airbrush yang mengkombinasikan warna lemon yellow, merah dan hitam yang berbahan solid. Sementara untuk biru dan silver serta abu-abu menggunakan bahan cat metalik.

Setelah seluruh motif airbrush selesai digarap, finishing diakhiri dengan melapisi clear coat beberapa lapisan dimana setiap lapisan diberi jeda untuk pengeringan secara alami dengan suhu ruangan biasa. Kenapa begitu? lantaran belum memiliki ruangan khusus untuk pengecatan, apa lagi ruangan oven maka pengeringan dengan cara alami menjadi pilihan satu-satunya. Tapi hasil yang didapat tetap memuaskan, dengan catatan segera simpan body motor yang sudah selesai dicat kedalam ruangan agar terhindar dari debu.

Nah, rekan-rekan...semoga memberi inspirasi dan bisa dijadikan referensi bersama. Terus ikuti MotorExpose, kita akan bahas lebih banyak tentang dunia sepeda motor, tak sebatas airbrush dan modifikasi saja.