Cakram Variasi Mendongkrak Penampilan Motor

Meski tahan lama dan jarang rusak, perangkat cakram motor sering kali diganti guna mendongkrak penampilan kendaraan. Beraneka design dan ukuran cakram variasi tersedia di pasaran. Namun ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum melakukan perubahan pada part pengereman.
Piringan cakram terlalu lebar, susah lepas roda

Kejadian ini kerap kali ditemui pada motor matik yang mengganti cakram lebar pada velg ukuran 14. Kaliper cakram nyaris mentok pada velg, sehingga sedikit repot saat ingin melepas roda. Tapi untuk motor matik yang sudah memodifikasi velg asli dengan velg variasi ukuran 17, tentu saja tidak akan menjadi persoalan.

Beda pabrikan motor, beda cakram nya

Tertarik pada design cakram tertentu, terkadang membuat kita ngotot agar bisa terpasang pada motor kesayangan. Padahal cakram motor, berbeda untuk setiap pabrikan motor. Memaksa untuk bisa tetap terpasang tentunya membutuhkan sedikit modifikasi. Bagi yang tidak ingin repot, memilih piringan cakram yang cocok untuk motor akan lebih efektif dari pada harus menyesuaikan lagi.

Braket kaliper, tidak semua sama


Tanpa braket untuk kaliper, penerapan cakram lebar tidak akan sukses. Design dan ukuran braket pun harus sesuai dengan ukuran cakram lebar. Kendala yang sering ditemui yaitu braket yang tidak pas sehingga mengakibatkan kampas cakram tidak aus merata. Bagi yang membeli cakram variasi baru, braket biasanya sudah disediakan dalam kemasan.

Penggantian cakram variasi ukuran lebih kecil dari standar, ternyata membutuhkan penyesuaian juga pada braket. Apa lagi jika disertai dengan penggantian kaliper dan tabung sokbreaker depan. Sedikit modifikasi pada braket akan dibutuhkan agar semua komponen bisa bekerja sebagaimana mestinya.