Modifikasi Jupiter Z airbrush body set


Orderan pengecatan Yamaha Jupiter Z milik Hendri memilih warna kuning sebagai warna utama. Rangka dan velg turut di cat ulang dan menuntut untuk melepas semua komponen motor. Berikut kita ulas tahapan pengecatan dan bahan cat yang kita gunakan.
Persiapan pengecatan


Diawali dengan melepas semua komponen motor seperti body, mesin, velg, dan kelistrikan guna mendapatkan rangka untuk di cat. Cara ini ditempuh agar pengecatan rangka bisa maksimal dan tentunya harus bisa merakit nya kembali.

Rangka diampelas dan dibersihkan terlebih dahulu agar terbebas dari oli mau pun gemuk serta minyak yang bisa merusak hasil cat.Setelah itu pengecatan tahap awal dilakukan dengan melapisi rangka dengan epoxy filler sebagai dasar. Rangka direncanakan berwarna merah, agar mendapatkan warna yang lebih terang maka dilapisi dengan warna putih terlebih dahulu. Setelah beberapa saat, seluruh rangka disemprot dengan cat merah.

Menunggu beberapa menit untuk pengeringan cat merah pada rangka, setelah itu rangka dilapisi dengan clear coat sebanyak 2 lapis dan disimpan untuk tahap pengeringan. Lapisan clear coat sengaja tidak banyak karena Jupiter Z ini masih menggunakan body set yang utuh, sehingga pengecatan rangka tidak begitu diutamakan.

Pangecatan velg


 Teknik pengecatan pada velg sama saja pada rangka. Hanya saja ban dibungkus dengan koran agar tidak terkena cat. Sebenarnya ada cara lain yang bisa dipakai yaitu dengan melapisi bibir ban dengan sabun colek. Namun dirasa kurang efesien karena harus membersih kembali pinggir ban setelah proses pengecatan. Melepas ban dari velg, tidak dibutuhkan jika tidak akan mengganti ban. Bahkan jika bertepatan dengan mengganti ban, sebaik nya ban dipasang dulu dan tetap di bungkus dengan koran sebagai cara yang mudah.

Pengecatan body Jupiter Z


Body set di cat ulang dengan warna kuning sebagai warna domainan dan ditambahkan motif airbrush grafis minimalis. Setelah kering maka semua komponen motor bisa dirakit kembali. Mengembalikan mesin kembali pada rangka, memasang kabel body dan memasang kembali velg.

Merakit Motor Kembali

Setelah semua komponen berhasil di rakit, motor pun bisa kembali mengaspal. Catatan kecil saat pengerjaan Jupiter Z airbrush dengan warna dominan kuning ini adalah, semua harus dikerjakan sendiri. Tingkat kesulitan saat bekerja sendiri menjadi terasa karena harus menguasai beberapa ilmu tentang sepeda motor. Tidak hanya ilmu pengecatan dan airbrush saja. Tapi juga dibutuhkan kemampuan untuk merakit kembali motor yang sudah di preteli sendirian.