Tahap Airbrush Motor Sendiri


Motor Expose - Bagi rekan-rekan yang berminat untuk airbrush motor sendiri, kita punya beberapa trik sederhana yang bisa dibagikan. Siapa tahu bisa memberi inspirasi bagi rekan-rekan, karena tahap airbrush nya tidak rumit dan bahan cat motor yang digunakan biasanya mudah didapatkan. Untuk melihat video nya, silahkan kunjungi saluran YouTube "Hayyu Motor" agar mudah dimengerti dan bisa dipraktekkan sendiri.

Pada kesempatan ini kita ambil contoh tahap airbrush pada spadboard Yamaha Mio Sporty. Karena pada prinsipnya sama dalam melakukan airbrush pada seluruh body motor. Mengenai peralatan yang di gunakan, bisa dibaca pada artikel:

 Peralatan Airbrush untuk Belajar Airbrush Motor Sendiri

Mempersiapkan Media yang akan di airbrush

Untuk mendapatkan warna yang terang, body motor dilapisi dengan cat warna putih terlebih dahulu. Setelah kering dilanjutkan dengan membuat mal dengan bantuan isolasi kertas yang dipotong dengan ukuran 0,1 mm.

Mengenai ukuran isolasi kertas, sebenarnya tergantung kebutuhan dan selera masing-masing. Untuk memotong nya bisa dengan trik sederhana, yaitu dengan meletakkan isolasi kertas diatas kaca lalu dipotong dengan cutter dengan bantuan rol. Isolasi kertas nantinya  juga berguna untuk menutup bagian yang tidak akan di cat. Agar lebih jelas, silahkan baca juga :

Cara Memotong Isolasi Kertas Untuk Airbrush

Proses airbrush motor dilakukan bertahap. Tidak bisa tergesa-gesa karena cat butuh waktu untuk kering. Biasanya tidak terlalu lama dalam menunggu pengeringan untuk lanjut kebagian yang lain. Kadang untuk thinner tertentu, proses pengeringan cat berlangsung cukup cepat.

Setelah tahap airbrush motor selesai, proses selanjutnya yaitu mengeringkan media yang sudah kita lapisi dengan clear coat. Sebaiknya gunakan ruangan yang tertutup selama menunggu proses pengeringan. Tujuannya untuk meminimalkan debu agar tidak merusak hasil airbrush kita.

Berbagai trik airbrush bisa diterapkan pada motor sendiri, tergantung bakat masing-masing. Memulai dari trik dan desain airbrush yang sederhana, nantinya bisa berkembang sendiri sesuai kemampuan masing-masing. Selamat mencoba dan semoga sukses menerapkan airbrush pada motor sendiri.