Mio J airbrush kuning dari Simawang


Meski datang dari jauh dan tak kenal sama sekali dengan pemilik motor, tidak menjadi penghalang untuk mendapatkan orderan pengecatan Mio J airbrush Kuning dari Simawang. Kondisi motor yang nyaris tanpa cacat karena baru 7 bulan jalan saat itu. Seluruh stiker/stripping asli bawaan pabrik masih terpasang lengkap dan dalam keadaan baik sebelum pengecatan.


Seluruh body Mio J dilepas untuk persiapan pengecatan. Stripping asli bisa dengan mudah terkelupas lalu body set pun diamplas dengan kertas amplas/kertas pasir ukuran 220. Proses pengamplasan terasa ringan karena cat motor masih bawaan pabrik. Cat asli cukup dikerok seperlunya, setelah itu langsung disiram cat putih sebagai dasar agar memberikan warna yang lebih cerah.


Proses mempersiapkan media yang akan dicat, kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Penggunaan Epoxy Filler sengaja tidak berikan untuk beberapa alasan. Diantaranya, body motor yang masih baik dan belum pernah dicat ulang dan satu nya lagi lantaran menyesuaikan dengan dana yang dianggarkan oleh pemilik motor sendiri.Tapi untuk pengecatan body plastik berbahan jenis PP, aplikasi PP Primer tetap harus diterapkan. Karena cat tidak bisa menempel dengan baik diatas plastik jenis PP.

Seluruh body Mio J yang sudah dicat putih dilapisi dengan warna kuning solid seri Suzuki Yellow kemudian ditimpali lagi dengan warna Kuning Stabilo. Trik pengecatan seperti ini untuk mengakali bahan cat stobilo kwalitas rendah yang sering bermasalah soal daya tahan warna cat.


Setelah kering seluruh body Mio J di airbrush dengan trik mudah agar cepat selesai. Disini cat warna biru metalik berperan untuk mendapatkan warna hijau dan merah solid untuk mendapatkan warna orange. Bantuan Isolasi kertas masih dibutuhkan meski motif airbrush sangat simpel dan tidak saling berhimpitan. Begitu juga dengan mal dari stiker variasi dengan pola hexagonal untuk mendapatkan motif seperti sarang lebah.

Tahap melapisi bodi Mio J airbrush Kuning dengan clear coat menjadi proses finishing untuk mendapatkan kilap yang baik dan memberikan perlindungan tahan gores. Setelah melewati proses pengeringan alami, seluruh body pun dipasang kembali dan motor pun dikembalikan kepada pemilik.