Vespa Super 78 Merah Candy Tone


Meninjau ulang hasil pengecatan terhadap motor yang pernah dicat, ada baiknya juga dilakukan. Apalagi untuk motor yang pengecatan nya sudah lewat tahunan, seperti Vespa Super 78 merah candy tone milik juragan "Warna Musik" Entertainment. Daya tahan cat sudah diuji oleh alam sekitar dua tahun lebih lewat pemakaian harian.


Menggunakan bahan cat kualitas sedang, sepertinya daya tahan cat sudah tergolong memuaskan. Karena kilap cat masih lumayan terjaga, tapi bukan berarti tidak ada kekurangannya. Harus diakui, dibeberapa bagian motor cat sudah mulai memudar. Bisa disimpulkan untuk sementara, penyebabnya bukan pada lapisan clear coat melainkan pada cat merah yang menggunakan jenis candytone.

Berawal dari ide Bang Agus untuk mengecat Vespa nya dengan warna merah yang elegan, pilihan pun jatuh untuk menggunakan bahan cat jenis candy tone. Kesulitan mendapat cat yang berkualitas tinggi, memaksa untuk menggunakan cat candy tone kualitas sedang. Karena tidak tersedia dalam ukuran besar, akhirnya 8 kaleng ukuran kecil pun habis untuk menutupi seluruh body semok Vespa Super 78 ini.

Proses mempreteli, merontokkan cat lama, ketok dan pendempulan dikerjakan Bang Zul yang sudah menjadi langganan Bang Agus. Saya hanya melakukan pengecatan saja, untuk merakit Vespa digarap kembali oleh Bang Zul yang sudah biasa main Vespa.

Tahap awal pengecatan saya mulai dengan memberi lapisan epoxy filler pada seluruh body Vespa. Untuk mendapatkan warna merah candy tone yang baik, sesuai petunjuk pada kemasan produk cat maka digunakan super crystal silver. Cat candy red pun dilapisi keseluruh body vespa beberapa lapis kemudian diberikan lapisan clear coat sebagai tahap akhir. Setelah proses pengecatan selesai dan kering sempurna, seluruh komponen vespa dirakit kembali di bengkel Bang Zul.

Proses pengecatan vespa itu dilakukan sekitar 2 tahun yang lalu. Sekarang kondisinya sudah sedikit berubah dengan adanya bagian yang memudar, seolah cat candy red menguap namun lapisan clear coat nya masih tetap kinclong. Disini saya semakin yakin dengan kualitas produk clear coat yang baik, ternyata daya tahan nya memang baik juga.


Nopol ini salah satu kebanggan sang jurangan terhadap vespa super 78 nya. Rasa sayang yang semakin dalam membuat Bang Agus bela-belaan berburu komponen variasi vespa. Beberapa kota dalam propinsi sempat ditelusuri untuk memuaskan hasratnya. Bukittinggi menjadi kota rujukan favorit nya meski harus menempuh jarak yang lumayan.


Dop velg vespa ini salah satu hasil berburu variasi Bang Agus. Di dapat di Bukittinggi, kata pemilik toko nama nya dop moon. Konon kabarnya handmade asli Indonesia dari Bandung. Tapi untuk yang satu ini saya tidak tahu pasti, soal nya dapat info dari Bang Agus.


Urusan pipa saluran buang, Vespa Super 78 ini dimanjain Bang Agus dengan knalpot racing vespa yang menggusur knalpot bawaan standar. Untuk mendapatkan nya Bang Agus tidak harus keluar daerah karena masih tersedia di Solok. Suara knalpot yang nyaring dan kering cukup enak ditelinga, tidak bikin gusar warga saat memasuki gang.