Benda asing dalam knalpot Honda Vario Techno 125


Bunyi logam bergesekan saat mesin nyala dialami Jendy dengan motor nya. Prediksi sementara disebabkan oleh benda asing dalam knalpot Honda Vario Techno 125 yang masih tergolong gress dalam usia pakai setahun. Rasa tidak nyaman dan penasaran akhirnya memutuskan untuk melepas knalpot dari kedudukannya guna memastikan penyebab terjadinya suara aneh.


Sembari menunggu mesin adem, analisa diteruskan lewat cerita tentang kronologi timbulnya suara aneh. Begitu mesin dingin, baut knalpot pun dilepas dengan hati-hati agar tidak lecet. Dugaan akan ada nya bagian yang lepas dalam knalpot tidak bisa diutamakan. Lantaran motor masih dalam kondisi bagus dan keyakinan akan produk berkualitas pabrikan motor Honda.


Prediksi adanya benda asing yang datang dari luar akhirnnya terjawab. Sebuah kelereng menjadi penyebab timbulnya suara logam bergesekan. Niat awal yang sempat ingin membedah knalpot tidak perlu dilakukan. Hanya butuh memikirkan bagaimana cara mengeluarkan kelereng yang besarnya nyaris sama dengan ukuran lobang knalpot.

Beberapa trik sudah dilakukan tapi tetap saja nihil. Akhirnya dengan bantuan lem aibon, kelereng bisa ditahan tepat pada lobang. Dengan memasukkan kertas karton yang dibentuk separuh lingkaran sebagai penahan, kelereng pun keluar melalui ujung pipa buang.


Kesimpulan akhir benda asing dalam knalpot Honda Vario Techno 125 milik Jendy, disebabkan oleh sebuah kelereng.Kemungkinan besar dimasukkan oleh anak-anak yang bermain disekitar motor saat parkir dihalaman rumah. Ogah mengusut lebih lanjut karena masalah sudah teratasi, hanya saja masih mikir bagaimana antisipasi supaya kejadian yang sama tidak terualang kembali.