Cara memotong isolasi kertas untuk airbrush grafis

Isolasi kertas bisa digunakan sebagai alat bantu pada saat membuat airbrush. Berbagai ukuran tersedia dipasaran, dimana dalam menggunakannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Biasanya saya memakai isolasi kertas ukuran lebar yang dipotong sendiri. Berikut kita bahas cara memotong isolasi kertas untuk airbrush grafis pada body motor.


Peralatan yang dibutuhkan hanya sebuah kaca dengan bantuan rol besi dan cutter. Lebar potongan disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan 1 mm atau 2 mm. Keuntungan memotong sendiri, kita bisa membuat ukuran yang diinginkan. Setelah itu, isolasi kertas ditempelkan ke body motor menurut motif airbrush yang direncanakan.

Sebenarnya isolasi kertas juga tersedia dengan ukuran kecil yang siap pakai. Hanya saja masih terlalu besar sehingga menghasilkan garis yang lebar. Hal itu pernah saya terapkan pada saat pengecatan body Suzuki Satria, dimana isolasi bisa langsung digunakan untuk membuat pola. Hanya saja garis yang dihasilkan terlihat lebar dan kurang apik.

 Pada saat isolasi kertas dibuka, pola airbrush dengan garis tegas berwarna putih terlihat kurang rapi karena terlalu lebar. Beda halnya jika menggunakan cara memotong sendiri dengan ukuran yang disesuaikan. Kesan rapi akan tercapai jika bisa membuat garis tegas yang halus. Sebagai perbandingan, bisa kita lihat pada spadboard Suzuki Satria yang menggunakan isolasi kertas siap pakai dengan  spadboard Jupiter MX yang menggunakan metoda memotong sendiri.


Tetapi semua kembali pada selera dan keinginan masing-masing. Bagi yang ingin simpel, menggunakan isolasi kertas ukuran kecil yang siap pakai tentu lebih mudah. Bagi yang ingin membuat garis yang lebih halus lagi, tentu saja sedikit repot namun akan semakin baik hasilnya.