Clear Coat Danagloss PU FlashClear Ekonomis tetap kinclong

Tahap akhir dari pengecatan ulang sepeda motor, tentu saja memberi lapisan clear coat agar hasil pengecatan menjadi lebih kinclong dan tahan gores. Banyak pilihan merk clear coat yang tersedia dipasaran dengan harga bervariasi dan ukuran yang berbeda. Tapi soal harga, produk dengan merk yang sama juga memberikan harga yang bertingkat tergantung seri produk tersebut. Sama hal nya dengan Clear coat Danagloss PU FlashClear yang lebih ekonomis dibanding Danagloss PU UniClear, yang saya terapkan pada Body set Shogun 125 airbrush.


Penerapan clear coat PU FlashClear pada awalnya untuk menekan biaya pengecatan. Meski harganya lebih murah dari seri PU UniClear, ternyata hasil akhirnya cukup memuaskan. Lapisan gloss tetap didapatkan dengan kilap yang basah setelah dilapisi beberapa lapisan sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk.

Lapisan clear coat diberikan 3 lapis dengan selang 3 menit antar lapisan. Menurut petunjuk pada kemasan produk, setelah lapisan terakhir diberi jeda 10 menit sebelum dikeringkan dengan oven pada suhu 80 derajat Celcius. Lantaran hanya melalui metoda pengeringan dengan suhu ruangan, seluruh body shogun 125 Airbrush yang sudah dilapisi clear coat saya simpan dalam ruangan untuk meminimalkan debu yang bisa merusak hasil pengecatan.

Danagloss PU FlashClear bisa diaplikasikan diatas cat NC, sangat cocok dengan cat yang saya terapkan. Cat transparan dua komponen dengan perbandingan 4:1 antara PU FlashClear dengan hardener nya, saya encerkan dengan thinner PU merk lain, dimana seharusnya menggunakan thinner PU/Slow/Extra Slow Danapaint seri-803 sampai mendapatkan kekentalan 12-14 detik NK2. Lantaran thinner Danagloss ini tidak tersedia di toko cat langganan saya, penggunaan thinner alternatif pun terpaksa dilakukan. Namun hasil nya tetap memberikan daya kilap yang baik.

Sedikit catatan untuk clear coat yang sudah diaduk dengan hardenernya, campuran tidak dapat dipakai lagi setelah 6 jam. Jadi dalam menggunakan nya, sebaiknya ditakar sesuai dengan keperluan agar clear coat kemasan kaleng dengan kapasitas 0,8 Liter tidak terbuang percuma.

Tonton juga video berikut ini