Kertas Pasir Untuk Mengamplas Body Motor


Kertas pasir yang biasa dikenal dengan nama amplas / ampelas, merupakan alat bantu dalam mengerok cat lama sebelum pengecatan ulang pada body motor. Dipasaran tersedia berbagai merk dan jenis yang fungsinya  juga berbeda dalam proses pengecatan sepeda motor. Berikut kita bahas beberapa hal tentang kertas amplas, cara menggunakan dan jenis nya.


Berdasarkan pengalaman sendiri di bengkel, kertas amplas dengan ukuran 220 yang tahan air menjadi pilihan dalam mengerok cat lama pada tahap awal. Tapi soal ukuran tentu saja tidak wajib, karena semua kembali kepada kondisi body motor yang akan dikerok cat nya. Pada dasarnya kertas pasir / amplas dengan angka yang lebih besar akan semakin halus.

Contohnya kertas pasir ukuran 1000 jauh lebih halus dari 220, dan kurang cocok untuk mengamplas tahap awal karena daya kikis nya kurang. Sementara ukuran 150 mau pun 180 lebih kasar dari 220, dimana kekurangannya akan menimbulkan baret yang kasar pada body motor.

Pada saat pengamplasan sebaiknya kertas pasir di gunakan bersamaan dengan air, karena itu lah kertas pasir tahan air lebih praktis dan hemat untuk dipakai. Agar mempermudah pengamplasan, satu lembar kertas pasir boleh dipotong menjadi delapan bagian, lalu diberi bantalan dengan karet atau bisa juga memanfaatkan sandal jepit bekas.

Kertas pasir / amplas seperti gambar diatas, merupakan salah satu dari beberapa jenis kertas amplas yang tersedia dipasaran. Untuk mengamplas dempul sebaiknya gunakan amplas berbahan kain yang dijual meteran, biasanya juga digunakan untuk mengamplas perabot. Penggunaan amplas jenis kain ini bisa diterapkan dalam keadaan kering mau pun basah.

Soal harga, kertas pasir tahan air sedikit lebih mahal dibandingkan yang tidak tahan air. Memaksa menggunakan kertas amplas yang tidak tahan air hanya akan menambah biaya karena kertas amplas tersebut mudah hancur saat digunakan bersamaan dengan air.