Road Race Solok di GOR Batu Batupang

Seminggu yang lalu saya mampir ke GOR Batu Batupang Solok. Pelataran parkir Stadion Tuanku Tabiang yang sudah beberapa tahun tidak ada event balap, akhirnya Minggu 1 Desember 2013 kembali disulap menjadi sirkuit dadakan. Road Race Solok di GOR Batu Batupang kali ini jauh lebih megah dari yang pernah diadakan.


Meski sempat diguyur hujan, sepertinya tidak mengurangi hasrat penonton untuk berdatangan dari berbagai daerah. Trek basah bahkan tidak mempengaruhi serunya balapan. Unjuk skill dan nyali oleh para pembalap semakin memacu adrenalin, karena aspal basah mungkin biasa. Tapi trek bumpi dengan turunan dipadu tikungan balik arah, betul-betul menegangkan.

Kesiapan penyelenggara event terlihat sangat apik. Suasana yang berbeda sudah terasa saat akan memasuki gerbang GOR. Area parkir untuk penonton yang biasanya berada disekitar Hall, sekarang dipindahkan keluar. Dampaknya sangat terasa, tidak ada motor penonton yang lalu lalang setelah kita memasuki  gerbang.

Rapi, nyaman dan aman sangat terasa saat menyaksikan event D'Nas FDR KYT Road Race Championship 2013 seri 2 ini. Pagar pembatas untuk penonton, mobil ambulan, dan keamanan dari Kepolisian semakin menambah kentalnya suasana balapan resmi. Tidak ada penonton yang melintasi sirkuit pada saat jalannya balapan. Tentu saja semua itu memberi rasa nyaman bagi para pembalap tanpa harus was-was dengan penonton yang biasanya tidak teratur.

Paddock untuk pembalap tertata rapi dibagian bawah dekat masjid. Tidak ada pembalap yang seliweran untuk testing motor apa lagi ngebut dengan wearpack dipakai separo dan tanpa menggunakan helm. Pemandangan seperti itu tidak ada lagi. Pembalap diberi bonus untuk memperlihatkan wajah setelah memenangkan lomba sembari membawa bendera start mengelilingi sirkuit satu putaran. Kesempatan untuk berfoto bersama rekan-rekan dan fans bisa dimanfaatkan saat itu. Cukup adil, karena penonton kadang ingin melihat wajah pembalap yang tersembunyi dibalik helm mereka.

Belum habis sampai disitu, umbrella girl menjadi pelengkap megah nya gelaran road race yang awalnya akan diadakan di sirkuit non permanen terminal Bareh Solok. Sayangnya sesi ini terlewatkan karena ingin bertandang ke paddock D'Nas Racing Team.

Team dengan salah satu pembalapnya putra asli Solok yang hafal setiap jengkal aspal GOR Batu Batupang Solok dan sempat mencicipi berlaga di Sentul beberapa waktu yang lalu, mendominasi beberapa Class. Didi yang lebih dikenal dengan "Menyon GRT", mengoleksi tiga juara 1 dengan bermain cantik di depan fans sendiri. Sukses gemilang bersama team yang solid dan berpengalaman.

Tidak hanya aksi Didi menekuk motor yang diacungi jempol. Jupiter Z Road Race dengan kelir cakep melengkapi kekaguman penonton. Kesimpulan itu dari komentar penonton yang melintas didepan paddock D'Nas Racing Team. Bicara soal modifikasi cat pada motor balap team ini, truk nya juga tidak kalah keren.

Lantaran sudah lama tidak nonton road race, jadinya tidak update dengan perkembangan yang ada. Takut salah memberi informasi perihal hasil lomba, cukup sekian dulu. Bagi yang ingin melihat sesi balapannya, silahkan lihat video dengan kwalitas seadanya berikut ini.