Cara mengganti bohlam lampu stop Yamaha Mio J

Mengganti bohlam lampu stop Yamaha Mio J sebenarnya bukan hal yang rumit. Tapi bagi yang belum pernah mencoba, tentu saja akan sedikit repot dan bingung. Berbeda dengan Mio Sporty yang bisa lepas petting lampu stop, Yamaha Mio J memiliki desain petting yang menyatu sehingga harus lepas mika lampu stop agar bisa mengganti bohlam.

Kejadian ini di alami seorang rekan yang mampir ke bengkel untuk meminjam perkakas bengkel. Tujuan nya untuk mengganti bohlam lampu stop yang putus. Setelah beberapa saat rekan kita terlihat mulai kesal karena mika lampu stop tidak bisa dilepas meski baut nya sudah di buka.


Sedikit saran agar tidak terjadi kerusakan akhirnya dia bersedia dikasih petunjuk. Berbedaan dengan Mio Sporty, pada Mio J terdapat baut yang tersembunyi dibawah cover. Baut ini menahan lampu stop sehingga tidak bisa langsung ditarik keluar meski kedua baut yang berada dibawah nya sudah dilepas.

Begitu juga dengan soket yang tersembunyi pada bagian kanan dan tersembunyi dibalik body. Sebaiknya di lepas agar lampu stop bisa dikeluarkan dan proses membuka mika nya tidak repot. Setelah itu baru terlihat nok penahan yang membuat mika tidak bisa dilepas meski baut nya sudah dibuka.

Dalam melepas mika sebaiknya perhatikan dengan seksama dan tidak asal congkel karena bisa mengakibat nok penahan patah atau merusak kedudukan nok. Dimana nantinya akan membuat mika tidak menyatu kembali dengan baik.

Setelah mika bisa dilepas, baru bohlam bisa di ganti lalu merakit kembali semua part yang sudah dipreteli. Sedikit catatan pada saat memasang cover tengah yang berada tepat diatas lampu stop, cover sedikit ditarik kebelakang bukannya didorong kedepan seperti saat memasang cover Mio Sporty.