Cara Mengecat Mesin Motor

Memperbaharui cat mesin motor kesayangan lantaran usia pakai yang mengakibatkan tampilan motor menjadi kurang sedap dipandang mata, bisa dilakukan dengan beberapa metoda. Berikut kita bahas cara mengecat mesin motor berdasarkan pengalaman di bengkel yang pernah dikerjakan.


Untuk pengecatan bak magnet dan bak kopling saja, proses bongkar mesin tidak perlu dilakukan apa lagi sampai turun mesin. Pengecatan bisa dilakukan dalam kondisi mesin terpasang, cukup lindungi body motor dengan kertas koran dibantu isolasi kertas.

Keuntungan cara mengecat mesin motor seperti ini, kita tidak repot untuk bongkar pasang. Disamping itu lebih efisien dengan waktu pengecatan. Lain halnya jika pengecatan mesin dilakukan pada saat pengecatan rangka. Mesin sebaiknya diturunkan dan tetap tidak harus melepas bak magnet maupun bak kopling.

Tahap awal dalam mengecat mesin motor adalah mengamplas bagian yang akan di cat. Setelah itu dilapisi dengan epoxy filler sebagai cat dasar yang memperkuat daya tahan cat. Pengalaman tidak menggunakan epoxy filler juga pernah dirasakan. Akibatnya cat tidak melekat dengan kuat dan mudah rontok.

Setelah itu bak magnet maupun bak kopling dilapisi dengan cat sesuai warna yang diinginkan. Untuk hasil kilap yang lebih baik, pelapisan clear coat bisa dilakukan beberapa lapisan sesuai keinginan.

Sebagai catatan kecil, bak kopling motor 4 tak lebih panas dibandingkan dengan motor 2 tak. Begitu juga dengan bak magnet. Pengaruhnya pada hasil pengecatan akan terasa setelah motor dipakai dalam kurun waktu tertentu.

Rata-rata konsumen yang mengecat mesin motor 4 langkah yang berharap kilap bagus dan tahan lama, sulit mendapatkan keinginannya. Apa lagi didaerah, cat tahan panas yang bisa digunakan untuk pengecatan mesin motor sulit didapatkan. Tapi menggunakan bahan cat NC yang mudah didapat, masih lumayan bagus selama menggunakan epoxy filler dan diberi lapisan clear coat.

Bagi yang menginginkan tampilan dof, cara pengecatan tetap sama. Penggunaan clear coat juga tetap diberikan. Hanya saja jenis clear coat untuk cat dof tidak sama dengan cat yang mengkilap / gloss.