Clear coat Sikkens untuk kilap motor lebih baik

Impian untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan yang baik terkadang terkendala dengan bahan cat berkwalitas yang sulit didapatkan di daerah. Meski harga yang ditawarkan pedagang terkadang masih dalam kategori terjangkau, namun produk dengan merk tertentu jarang di stok dan harus pesan dulu. Konsumen yang fanatik dengan merk berkualitas lebih, bahkan bela-belaan berkelana ke toko cat yang menyediakan clear coat yang diinginkannya. Salah satu produk buruan mereka seperti Clear Coat Sikkens untuk kilap motor lebih baik yang diimpikan nya.

Kualitas memang sebanding dengan harga. Tapi untuk konsumen yang mengerti dengan barang, harga sepertinya tidak menjadi persoalan yang menghalangi niat dalam mendapatkan hasil pengecatan yang baik. Bahkan saking penasarannya, konsumen rela merogoh saku lebih dalam dengan membeli dua Clear Coat Sikkens dengan jenis yang berbeda sekedar membandingkan hasil akhir yang didapat.


Sebagai bengkel cat rujukan, kebetulan saya sudah tidak asing lagi dengan Sikkens Autoclear 4:1 karena pernah mengaplikasikan nya untuk beberapa motor konsumen. Tapi untuk Sikkens Autoclear Plus HS, dengan hardener yang kemasannya lebih besar tentu saja ini pengalaman baru.

Pada awalnya saya sempat ragu dengan komposisi antara komponen clear coat dengan hardener serta jumlah thinner yang dibutuhkan untuk pengenceran. Tapi semua terjawab dengan membaca petunjuk pada kemasan produk, dimana perbandingan 100 : 50 : 10 berlaku untuk Clear Coat Sikkens yang dikemas dalam kaleng ukuran 1 liter dan hardener 0,5 liter.

Sikkens Plus Reducer Medium yang digunakan untuk mengencerkan hanya di tambahkan 10 bagian. Dalam artian penambahan thinner hanya sedikit karena clear coat sudah cukup encer.

Pada tahap pengeringan setelah pelapisan clear coat, ternyata Sikkens Autoclear Plus HS tetap menghasilkan kilap yang baik meski hanya dengan metoda pengeringan alami dengan suhu ruangan. Bagi rekan-rekan yang masih pemula seperti saya, tidak usah ragu untuk menerapkannya. Karena pada prinsipnya tetap sama, hanya saja komposisi hardener dan penambahan thinner nya saja yang sedikit berbeda.

Sekiranya terdapat kejanggalan atau kekeliruan tentang mengaplikasikan Clear Coat Sikkens seperti yang di bahas kali ini, silahkan baca terlebih dahulu petunjuk cara pemakaian yang terdapat pada kemasan produk.