Mendeteksi Suara Kasar Mesin Yamaha RX KING

Habis masa jaya, raja Jambret lengser dari ibu kota ke pelosok daerah. Alhasil, aroma wangi asap knalpot khas mesin dua langkah masih bisa tercium meski teknologi nya sudah di bekukan oleh pabrikan.

Walau pun Yamaha RX KING lebih sederhana secara prinsip kerja dengan part yang tidak serumit mesin 4 langkah, namun tetap saja ada pemilik motor yang belum paham. Seperti mendeteksi suara kasar mesin Yamaha RX KING milik konsumen yang mampir ke bengkel dengan keluhan suara aneh saat motor jalan.
Sepintas suara mesin terdengar normal saat masih stationer. Konsumen sempat mengeluh bingung karena bunyi aneh pada mesin kadang muncul pada saat tanjakan apa lagi jika boncengan. Setelah diberi izin untuk mencoba mendeteksi kerusakan, motor pun dijalankan.

Pada awal nya tidak ada kejanggalan yang terdengar. Tapi begitu motor di ajak berakselerasi mendadak, suara kasar pun terdengar dengan jelas. Prediksi sementara terjadi kebocoran kompresi pada head silinder. Motor pun dibawa kembali ke bengkel untuk ditindaklanjuti.

Pada bagian head silinder terlihat rembesan oli, tentu saja oli samping yang turut terbakar saat proses pembakaran pada mesin 2 tak. Setelah mesin dingin, head silinder pun di lepas. Dua buah baut yang tertanam pada blok silinder sudah longgar lantaran dol. Ini lah biang kerok yang membuat suara kasar pada mesin Yamaha RX KING milik mr M yang ternyata baru mencicipi enaknya motor dua langkah.

Drat yang dol membuat kompresi bocor karena head silinder tidak mendekap erat pada blok silinder. Jika dibiarkan akan mengakibatkan head silinder baling, disamping pembakaran yang tidak bagus seperti yang terlihat pada separuh kubah yang menghitam. Ujung-ujungnya tenaga motor akan drop dan boros.

Setelah nego tentang cara memperbaiki drat baut tanam yang dol pada blok silinder Yamaha RX KING, mr M memilih untuk membuat drat baru dengan ukuran yang sama dari pada memperbesar drat yang sudah dol dengan ukuran setingkat lebih besar.

Demi kepuasan konsumen yang sudah langganan ke bengkel, keinginan nya pun dituruti. Sedikit wanti-wanti agar hasil nya harus bagus lantaran takut head silinder ngangkat lagi karena digebuk kompresi.

[UPDATE]

Rekan-rekan MotorExpose, kejadian diatas merupakan salah satu bentuk kasus yang ditemui dengan konsumen dibengkel. Tapi sebenarnya masih ada beberapa hal umum yang juga menyebabkan suara mesin RX King menjadi kasar. Untuk melengkapi referensi bersama, yuk... kita bahas lebih dalam.

PISTON dan RING PISTON AUS

Hal ini membuat celah dengan dinding blok silinder/liner/boring menjadi longgar, berakibat timbulnya suara kasar dan tidak normal pada mesin RX King. Faktor umum penyebab aus nya piston dan ring piston adalah usia pemakaian, dipicu kwalitas oli samping yang kurang bagus dan bisa juga sering kekosongan oli samping sehingga tidak terjadi pelumasan saat terjadi pembakaran, dimana oli mesin tidak membantu pelumasan pada piston dan ring piston, ujung-ujungnya piston dan ring piston cepat aus dan menimbulkan suara berisik.

Solusinya harus ganti piston komplet dengan ring piston disertai dengan reamer blok silinder dengan oversize naik setingkat. Dan biasanya laher bambu (laher small end) yang terdapat pada ujung stang piston juga bisa menimbulkan suara tidak beres. Pada saat saat ganti piston, sekalian aja ganti laher bambu tersebut juga pin piston nya.

KOMPRESI TERLALU TINGGI

Kompresi yang terlalu tinggi juga bisa menimbulkan suara kasar pada mesin RX King, apa lagi dengan settingan spuyer miskin dan settingan waktu pengapian yang tidak pas. Ujung-ujungnya timbul suara berisik akibat ngelitik / detonasi disertai timbulnya bercak-bercak pada permukaan piston seperti gambar dibawah. Tapi jangan salah paham rekan-rekan semua, karena tidak ada hubungannya dengan rol besi...kebetulan hanya foto itu yang ada saat ini.


OLI SAMPING tidak membantu Pelumasan

Suara mesin kasar yang disebabkan oli samping, biasanya bisa dengan mudah terdeteksi lewat asap knalpot. Sekalipun menggunakan oli samping yang minim asap alias low smoke, RX king tetap saja mengeluarkan asap. Tapi jika tidak sama sekali, maka butuh pengecekan pada kinerja pompa oli. 

Untuk pengecekan kinerja pompa oli akan kita bahas pada lain kesempatan. Untuk saat ini setidaknya kita sudah memiliki sedikit gambaran tentang mendeteksi suara kasar mesin Yamaha RX King. Dimana kesimpulannya, beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan suara yang tidak diinginkan itu yaitu: 
* Baut tanam pada blok ngangkat
* Piston dan ring piston aus
* Laher bambu pada small end kruk as sudah aus
* Oli samping tidak melumasi dengan baik
* Kompresi ketinggian disertai settingan spuyer miskin dan waktu pengapian tidak tepat

Tapi perlu diingat rekan-rekan semua, semua itu hanya sekilas gambaran saja, jangan langsung main vonis lalu bongkar dan ganti semua part yang kita bicarakan tadi. Tapi sedikit saran untuk yang masih benar-benar awam dan pemula, sebaiknya diskusikan dengan bengkel mau pun mekanik yang bisa dipercaya (ilmunya mumpuni dan jujur dalam menjalankan profesi) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Toh...tujuan akhirnya untuk mendapatkan kondisi yang baik terhadap mesin RX King kesayangan.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan memberi sedikit pencerahan. Terus ikuti MotorExpose, kita akan bahas serba serbi sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.