Pertimbangan sebelum mengecat pelek jari-jari

Memenuhi permintaan konsumen yang mengorder pengecatan part motor nya adalah tugas keseharian di bengkel. Penjelasan tentang bahan cat yang akan di gunakan dan media yang akan di cat juga diberikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Seperti kejadian yang di alami rekan kita dalam mengorder pengecatan pelek Honda Beat nya. Pertimbangan sebelum mengecat pelek jari-jari sudah diberikan sebelum pengerjaan. Media yang akan di cat terbuat dari aluminium yang di lapisi anodized, dimana bersifat kuat, keras dan tahan gores.


Tingkat kesulitan nya sudah terasa saat mengamplas dengan kertas pasir / kertas amplas. Lapisan anodized dengan warna hitam pada pelek / velg, bukan lapisan cat yang bisa di kerok dengan amplas. Walau sudah di jelaskan akan daya tahan cat yang kurang jika di cat, namun konsumen tetap ngotot untuk melanjutkan.

Tahap demi tahap dilakukan seperti biasa, layaknya mengecat pelek palang. Setelah diamplas semampunya, ban dibalut dengan kertas koran agar tidak kena semprotan cat. Untuk melindungi jari-jari sebenarnya penggunaan pipet sangat membantu. Hanya saja keterbatasan waktu, terpaksa ambil cara pintas dengan menutupi jari-jari menggunakan isolasi kertas.

Pelek tetap diberi lapisan epoxy filler dengan harapan bisa membantu untuk menguatkan daya rekat cat. Setelah itu di lanjutkan ketahap pengecatan dan pelapisan clear coat. Cara mengecat pelek yang sama persis dengan pengecatan pelek palang.

Alhasil pengecatan selesai dan menunggu kering untuk dipasang kembali. Setelah beberapa hari, konsumen datang lagi dengan keluhan cat pelek rontok. Nah, kejadian seperti ini seharusnya tidak terjadi. Sebab dari awal sudah dijelaskan bahwa media yang akan di cat juga mempengaruhi daya tahan cat.

Semoga pengalaman seperti ini bisa mencegah kejadian serupa pada rekan-rekan yang ingin mengecat  pelek motor. Pertimbangkan lagi sebelum memutuskan untuk mengecat pelek jari-jari dengan mempelajari media yang akan di cat.

Sedikit catatan, mengecat media yang sudah dilapisi anodized cukup sulit untuk tahan lama. Lapisan anodized cukup keras dan tahan gores sehingga tidak memberikan pori meski sudah diamplas.