Spray gun untuk melapisi clear coat

Aneka tipe spray gun bisa di gunakan dalam proses cat motor. Tidak harus terikat dengan jenis tertentu, seperti menggunakan tabung diatas mau pun tabung di bawah. Hanya saja untuk hasil akhir yang lebih baik, ada sedikit trik berhubungan dengan penggunaan spray gun untuk melapisi clear coat pada body motor.


Trik yang dimaksud adalah menggunakan satu spray gun yang khusus dipakai untuk tahap akhir pengecatan. Spray gun tersebut tidak di gunakan untuk proses melapisi cat dasar / epoxy filler mau pun untuk pengecatan warna. Jadi sebaiknya ada 2 spray gun yang digunakan dalam proses pengecatan.

Apakah ada pengaruhnya untuk hasil akhir pengecatan? Berdasarkan pengalaman pribadi, menggunakan dua spray gun dari tahap awal sampai akhir akan terasa pada saat pengecatan polos. Sebagai contoh saat kita menginginkan hasil cat hitam solid yang bagus.

Jika hanya menggunakan satu spray gun saja, terkadang sisa cat metalik yang pernah tertinggal pada saat membersihkan tabung akan terbawa saat melapisi clear coat. Akibatnya warna hitam polos yang diinginkan, akan mengandung butiran halus sisa cat metalik. Tapi dengan menggunakan satu spray gun yang khusus untuk tahap melapisi clear coat saja, kejadian seperti itu tidak akan pernah terjadi.

Trik menggunakan dua spray gun ini saya terapkan setelah seorang konsumen yang pernah mengeluhkan terdapatnya butiran halus sisa cat metalik pada cat hitam polos yang diinginkannya. Kebetulan pada saat itu orderan pengecatan dikerjakan untuk beberapa body motor, salah satu motor menggunakan cat metalik. Meski tabung sudah dibersihkan beberapa kali, ternyata masih ada sisa yang tertinggal.

Semoga trik menggunakan 1 spray gun khusus untuk melapisi clear coat, bisa membantu rekan-rekan yang ingin melakukan cat motor sendiri dalam mendapatkan hasil akhir yang lebih baik.