Mengenal Sambungan Rantai Motor

Kejadian unik dialami rekan kita yang melakoni bongkar pasang rantai motor sendiri. Lantaran lalai dalam bekerja, sambungan rantai hilang entah kemana. Ambil jalan pintas, doi mampir ke sebuah toko onderdil dan membeli sambungan rantai. Naif nya, beberapa klip sambungan rantai patah saat dipasang.

Merasa tidak puas dengan dugaan diberi barang kwalitas rendah, rekan kita ini mampir ke bengkel. Sambil menceritakan kronologis tentang sambungan rantai yang dibelinya. Setelah di usut ternyata pemilik motor Yamaha RX KING ini dan penjual sebelumnya, sama-sama tidak mengenal sambungan rantai motor.

Hal ini terbukti setelah si empunya motor memperlihatkan sisa sambungan rantai yang di belinya. Ternyata pemilik toko memberi sambungan rantai 420 H sementara Yamaha RX KING menggunakan rantai dengan ukuran 428. Wajar saja setiap kali di pasang klip sambungan rantai patah karena di pasang paksa.

Dimensi rantai 420 H sedikit lebih tipis dari rantai 428. Sehingga sambungan rantai nya tidak bisa saling ganti. Sedikit tips sebelum membeli sambungan rantai, sebaiknya kenali dulu ukuran rantai yang digunakan sepeda motor. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan apa lagi sampai menimbulkan prasangka jelek.

Setelah dijelaskan tentang kasus sambungan rantai yang dialami rekan kita, akhirnya doi manggut-manggut sepertinya sadar dimana dimana letak persoalan nya. Bukan pedagang yang memberi barang kwalitas jelek tapi memang ukuran sambungan rantainya yang tidak sesuai. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat juga bagi rekan-rekan yang lain pada saat membutuhkan sambungan rantai.