Panduan Membeli Motor Bekas Agar Tidak Kecewa

Tergesa-gesa ingin segera memiliki sepeda motor bekas yang diincar? Baca dulu tentang panduan membeli motor bekas agar tidak kecewa. Beberapa hal sepele kadang terlupakan karena merasa sudah menemukan motor yang diidamkan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan motor bekas yang diinginkan. Baik lewat showroom motor bekas, dari teman atau pun lewat internet. Beragam pilihan cara pembayaran nya pun tersedia, baik kontan mau pun kredit. Panduan apa saja yang sebaiknya kita persiapkan sebelum membelian motor bekas yang kita incar.


Tampilan motor mulus bukan jaminan

Belajar dari pengalaman, untuk motor bekas yang akan dijual biasanya diperbaiki kembali oleh pemilik motor. Tujuannya guna menjaga nilai jual motor tetap bagus. Untuk sepeda motor bekas tipe bebek, pemilik bahkan rela berkorban untuk mengganti body motor yang sudah usang dengan body baru. Bahkan lengkap dengan stripping bawaan asli. Sehingga  tampilan motor betul-betul kembali segar.

Semua itu boleh saja dilakukan dan bukan lah hal besar yang patut dicemaskan. Tapi jangan langsung tergiur dan merasa sudah bertemu dengan motor idaman. Beberapa hal penting lainnnya mungkin masih perlu diperhatikan, sehubungan dengan kondisi motor.

Kecocokkan nomor mesin dan rangka, itu penting
Kecocokan nomor mesin dan rangka dengan surat-surat kendaraan, sangat penting. Kenali posisi nomor rangka dan nomor mesin lalu sesuaikan dengan surat tanda nomor kendaraan dan bukti pemilik kendaraan bermotor. Membeli motor bekas dengan surat-surat kendaraan yang tidak lengkap, hanya akan menimbulkan persoalan.


Untuk beberapa tipe motor, posisi nomor rangka tidak bisa dilihat langsung. Seperti Yamaha Jupiter Z, nomor rangka tertutup oleh body tepat pada lekukan rangka bagian depan. Agar bisa melihatnya butuh melepas body yang menghalang. Meski sedikit repot agar bisa memastikan kecocokan nomor rangka, hal itu lebih baik dari pada kemudian hari kita tahu bahwa nomor rangka tidak seperti yang tertera pada surat kendaraan.

Cek kondisi mesin, meminimalkan pengeluaran tambahan

Suara mesin bisa dijadikan pedoman kondisi mesin. Meski pun beberapa trik bisa digunakan untuk membuat suara mesin halus, seolah mesin motor dalam keadaan bagus.

Mengetahui riwayat sepeda motor, akan lebih menjamin kepuasan

Biasanya kejadian ini ditemui saat hendak membeli motor dari orang yang kita kenal, baik teman, saudara mau pun tetangga. Ini akan mempermudah dalam mengetahui kondisi kendaraan yang sebenarnya. Apa lagi jika kita kenal karakter pemilik sepeda motor dan cara dia dalam merawat motor nya.

Harga terlalu murah, pelajari lagi

Jarang sekali sebuah unit motor bekas, dijual dengan harga yang sangat jauh dari unit serupa. Kurangnya kelengkapan surat-surat bisa saja menjadi salah satu faktornya. Tapi jangan tergiur, apa lagi nekat mengambil resiko untuk memiliki motor tanpa surat kepemilikan yang lengkap.

Motor bekas balap, bisa jadi di lego dengan harga yang jauh lebih murah. Termasuk motor yang sudah dimodifikasi dan mengurangi nilai motor itu sendiri. Faktor kondisi bisa juga menjadi penyebab anjlok nya harga unit motor, seperti pemilik yang mengiinginkan uang tunai segera lalu rela melepas motornya dengan harga yang sangat miring.

Sebaiknya telusuri lagi penyebab kenapa harga yang ditawarkan terlalu murah. Teliti sebelum membeli tentu saja lebih baik dalam mendapatkan motor bekas yang diinginkan. Panduan dalam membeli motor bekas ini hanya secuil tips agar kita tidak kecewa setelah motor dibawa pulang.