Penyebab Kopling RX KING keras

Kopling RX King seret saat di tarik, bikin tangan pegal dan kerja kopling tidak sempurna. Beberapa hal bisa menjadi penyebab kopling RX King keras dan sulit di remas. Berikut kita bahas tentang part pendukung kinerja kopling dan mengatasi persoalan yang di timbulkan nya.

Per kopling atau pegas kopling bisa menjadi penyebab utama keras nya kopling saat tuas di tarik. Untuk kondisi standar biasanya jarang terjadi. Tapi pada beberapa kejadian, penggantian dengan part racing kerap membuat kopling terasa keras, contohnya penggantian dengan pegas kopling racing. Hal ini disebabkan per kopling racing lebih keras dari per standar.

Untuk memastikan nya bisa dilakukan dengan mengganti kembali pegas kompetisi dengan bawaan motor atau pegas standar. Jika persoalan masih belum terselesaikan bisa melanjutkan pemeriksaan pada bagian stut kopling.
Stut kopling Yamaha RX King berada pada bagian kiri atau bak magnet. Cara kerjanya sedikit berbeda dengan stut kopling yang berada di kanan. Pada RX King stut bekerja menekan untuk membebaskan kopling. Sementara pada kopling motor  yang berada pada bagian kanan, cara kerja stut kopling biasanya menarik agar kopling terbebas, tergantung tipe motor nya.

Untuk memastikan kinerja stut sesuai dengan fungsi nya, jika perlu lepas saja bak magnet agar bisa memastikan apakah stut kopling yang menjadi penyebab keras nya tuas kopling saat ditarik. Satu hal lagi yang lebih sering menjadi penyebabnya adalah tali kopling atau kabel kopling.

Posisi yang kurang tepat bisa membuat seret dan kopling terasa berat. Putusnya kawat baja dan rumah kabel kopling juga bisa menambah persoalan kopling. Namun jika hanya seret lantaran kotor, masih bisa diatasi dengan memasukkan solar atau minyak tanah dari bagian atas kabel kopling. Tujuannya untuk membersihkan selongsong rumah kabel kopling.

Beberapa hal penyebab kopling RX King keras seperti yang dibahas tadi tidak bersifat mutlak. Karena as penekan yang didorong oleh stut kopling jika bengkok juga bisa menyebabkan persoalan yang sama. Jadi butuh mendeteksi beberapa part untuk bisa memastikan nya.

Semoga gambaran tentang penyebab kopling RX King keras bisa membantu rekan -rekan yang mengalami kejadian serupa dalam mendeteksi penyebab masalah pada kopling motor kesayangan.