RX KING airbrush grafis terbaru

Setelah vakum selama beberapa bulan dalam pengecatan motor, orderan Miky menjadi pembuka setelah urung undur diri dari dunia airbrush motor. Akhirnya RX KING airbrush grafis terbaru kembali hadir dengan permintaan mirip dengan motif airbrush RX KING milik Deby yang dulu pernah di garap.

Diawali dengan melepas seluruh komponen motor guna mendapatkan sasis untuk dicat dengan warna merah. Pengecatan dilakukan di luar ruangan lantaran toko onderdil JAY MOTOR markas baru saat ini, belum punya ruangan khusus untuk pengecatan.


Berbekal peralatan sederhana dan meja kerja seadanya, sesi pengecatan dilakukan tahap demi tahap secara perlahan karena bekerja sendirian. Sasis atau rangka Yamaha RX KING di ampelas dan dibersihkan dari oli, gemuk serta minyak yang bisa membuat gagal hasil pengecatan.

Kemudian rangka dilapisi dengan epoxy filler sebagai dasar. Setelah kering sempurna, cat putih di berikan agar menghasilkan warna cat merah yang terang. Setelah itu diberikan lapisan clear coat beberapa lapis untuk menghasilkan  kilap yang lebih baik dan tahan gores.

Mumpung turun mesin, pengecatan mesin dilakukan tanpa melepas bak kopling. Alasan nya agar tidak terlalu banyak berhubungan dengan oli yang bisa membuat cat tidak melekat semestinya. Tanpa menggunakan cat khusus untuk mesin, bak kopling dan bak magnet serta head silinder hanya dilapisi dengan cat NC.

Tahap awalnya tentu saja masih menggunakan epoxy filler sebagai dasar. Sebagai tahap akhir mesin yang sudah di cat juga dilapisi dengan clear coat beberapa lapis. Biasanya pada mesin dengan tipe 2 Tak, panas mesin tidak setinggi mesin 4 Tak. Sehingga lapisan clear coat bisa tetap mengkilap dalam waktu yang lama.

Tahap airbrush tangki Yamaha RX KING di lakukan setelah tangki dilapisi dengan epoxy filler kemudian di cat putih. Dengan kombinasi beberapa warna dengan perpaduan cat solid dan metalik, harapannya bisa memberi kesan elegan tapi tetap sangar. Dengan bantuan isolasi kertas yang di potong secara manual, garis-garis tegas berwarna putih di dapat untuk membuat grafis pada tangki.

Setelah motif grafis selesai, tangki pun dilapisi dengan clear coat beberapa lapis guna mendapat hasil kilap yang baik dan tahan gores. Pengeringan dengan suhu ruangan membutuhkan waktu beberapa jam agar semua komponen motor bisa dirakit kembali.