Tuas Rem Bengkok Akibat Terjatuh

Nasib naas bisa dialami siapa saja saat berkendara. Kerusakan pada beberapa part motor tentu saja tidak terhindarkan. Seperti tuas rem bengkok akibat terjatuh disertai dengan body motor lecet bahkan pecah. Solusi sementara agar bisa tetap nyaman saat mengendarai motor, bisa dilakukan dengan mengakali kerusakan part motor.

Untuk stang kemudi yang bengkok masih bisa dikembalikan ke posisi awal dengan bantuan peralatan sederhana, yaitu menggunakan pipa dengan diameter yang sedikit lebih besar dari stang kemudi. Agar lebih leluasa sebaiknya lepas dulu grip gas dan batok lampu besar agar tidak menghalangi.


Cara ini juga bisa diterapkan pada pijakan kaki pengemudi yang bengkok. Cukup dengan melepas karet pijakan kaki lalu dengan bantuan pipa yang sama persoalan sudah bisa diatasi. Tapi jika terlalu keras untuk diluruskan, langkah memanaskan stang kemudi dan pijakan kaki yang bengkok dengan bantuan api las masih bisa dijadikan solusi.

Beda hal nya dengan tuas rem yang bengkok, perlakuan yang sama tidak bisa diterapkan. Sedikit catatan dari pengalaman yang pernah dirasakan, meluruskan tuas rem bengkok bisa berakibat fatal. Lantaran terbuat dari bahan yang berbeda, tuas rem malah patah saat diluruskan ke posisi semula.

Pilihan terbaik untuk sementara waktu, gunakan saja tuas rem dalam keadaan bengkok. Sekiranya sudah ada part pengganti segera ganti agar perasaan nyaman kembali terasa saat menggunakan perangkat pengeraman ini.