Memperbaiki Fitting Lampu Besar Yamaha Mio Soul

Datang menjelang magrib disaat suasana akan segera gelap, seorang konsumen yang kebetulan lewat di depan bengkel mampir dengan sedikit persoalan pada motornya. Sekilas sudah bisa dipastikan rekan satu ini sedang bermasalah dengan penerangan atau lampu besar yang sudah tidak nyala.

Begitu turun dari motor, konsumen meminta untuk mengganti bohlam lampu besar Yamaha Mio Soul nya. Tanpa melepas body, bohlam lampu utama sudah bisa dicopot dari kedudukan nya. Melalui metoda sederhana pengecekan pun dilakukan dengan menerawang kawat pijar jika sudah putus.


Ternyata bohlam dalam keadaan baik meski sudah sedikit gosong. Kebetulan sedang ada aki yang nganggur, pengecekan dengan aki dilakukan untuk memberi kepastian pada konsumen bahwa persoalan tidak pada bohlam lampu utama.

Lanjut pengecekan ke fitting lampu besar Yamaha Mio Soul, inti persoalan pun ditemukan. Solder pada fitting lepas sehingga arus tidak sampai ke bohlam. Dapat dipastikan fitting sudah pernah diganti dengan cara akal-akalan, yaitu mengganti fitting lampu utama saja dimana fitting asli kabel nya bersatu dengan fitting bohlam sein.

Setelah penyebab pasti terdeteksi, baru lah cover depan dilepas agar perbaikan bisa dilakukan dengan baik. Fitting baru dipasang mengganti yang rusak, hanya saja warna kabel beda sehingga tidak bisa mengikuti pedoman warna kabel. Kabel yang sudah disambung dibalut dengan isolasi untuk mencegah korsleting atau hubungan pendek.

Sebelum body depan dipasang kembali, pengecekan posisi lampu rendah dan lampu tinggi mutlak dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan terbalik saat switch difungsikan. Sukses memperbaiki fitting lampu besar Yamaha Mio Soul, konsumen puas dan memberi ongkos jasa lalu melanjutkan perjalanan nya lagi.