Bongkar Mesin Yamaha Mio Soul

Datang dengan kondisi suara mesin yang berisik, rekan kita pemilik Yamaha Mio Soul berkonsultasi tentang motor nya. Suara kasar pada bagian kepala silinder terdengar sangat jelas, pertanda kerusakan sudah berat. Langkah pertama dilakukan pengecekan oli mesin dan ternyata nyaris tidak ada sama sekali.

Bongkar mesin Yamaha Soul harus dilakukan, untuk memastikan semua kerusakan dan penggantian part yang rusak. Piston dan blok silinder baret karena tidak ada pelumasan. Kronologis nya motor memang sudah berasap putih dalam jangka waktu yang lama, pertanda turut terbakar nya pelumas.


Pelumas yang menyusup ke ruang bakar bisa disebabkan oleh beberapa hal. Blok aus atau baret, ring piston aus, serta kebocoran pada sil klep bisa menyebabkan turut terbakarnya oli saat pembakaran. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, oli akan terus berkurang bahkan habis.

 Jumlah oli yang sangat kurang membuat pompa oli tidak bisa mengalirkan pelumas ke bagian head silinder. Kem / Noken As tidak mendapatkan pelumasan sehingga gesekan dengan pelatuk klep / roker arm membuat kedua komponen sama-sama aus.

Kasat mata bisa dilihat bahwa kem terkikis beberapa milimeter yang menyebabkan bukaan klep menjadi berkurang. Tenaga mesin akan berkurang karena asupan bahan bakar menjadi miskin dari yang seharusnya.

Tapak pelatuk klep yang aus karena bergesekan dengan kem juga menambah berisik suara mesin. Penggantian part ini terpaksa dilakukan agar mesin kembali bekerja sebagaimana mestinya.

Setelah semua kerusakan terdeteksi, langkah perbaikan pun dikerjakan. Blok di reamer guna di isi piston dengan ukuran setingkat lebih besar dari sebelumnya. Kebetulan piston standar, oversize 50 menjadi pilihan karena piston asli Yamaha Mio Soul tidak tersedia untuk oversize 25.

Setelah selesai di reamer, piston kit yang sudah lengkap dengan ring piston, pin piston dan kancing / klip piston dirakit kembali. Agar tidak terjadi kegagalan dalam pemasangan, perpak blok di ganti baru dan masih menggunakan onderdil asli Yamaha.

Kem / Noken as dan pelatuk klep turut diganti. Untuk jeroan mesin part orisinil menjadi opsi terbaik demi ketahanan dan kepuasan. Hanya saja pin pelatuk klep dan baut stelan klep masih memanfaatkan yang lama, karena masih bisa digunakan dan tidak akan mempengaruhi kinerja mesin.

Sebelum head silinder dirakit, dilakukan pembersihan terhadap saluran dan kubah yang sudah dilapisi kerak dari oli yang terbakar. Tak luput dengan skir klep masuk dan buang serta penggantian sil klep dengan yang baru.

Setelah semua komponen mesin dirakit kembali dan di rangkai dengan rangka, msein pun dinyalakan. Suara mesin kembali halus dan tidak ada asap putih yang keluar dari knalpot. Oli pun bersirkulasi lancar, terlihat dari percikan oli saat di lihat dari tutup klep masuk yang dibuka.

Bongkar mesin Yamaha Mio Soul dan memperbaiki kerusakannya sukses dilakukan. Sebagai catatan dan pelajaran bagi si empu nya motor, oli mesin harus diperhatikan dengan baik. Ganti oli berkala tidak bisa diremehkan jika tidak ingin kerusakan parah pada mesin.

Masih untung kerusakan tidak separah Yamaha Mio Sporty yang pernah di bongkar sebelumnya akibat lalai ganti oli, dimana stang piston sudah mengunci pin piston dan piston nya.