Cara Membuka Baut Pembuangan Oli Yang Rusak

Meski mudah dilakukan dan sepele, kegiatan ganti oli berkala boleh saja dilakukan sendiri. Hanya saja kesalahan kecil bisa berakibat fatal jika dikerjakan asal-asalan. Minimnya pengetahuan dan kebiasaan yang kurang baik bisa menimbulkan kerusakan pada part motor.

Berbagi pengalaman bengkel kali ini, tentang rekan kita yang datang untuk ganti oli berkala. Sebagai penyedia jasa, persiapan untuk penggantian dilakukan dengan memposisikan motor menggunakan standar tengah. Sambil menunggu mesin dingin, beberapa perkakas bengkel yang dibutuhkan pun dipersiapkan.


Pada saat hendak membuka baut tutup pembuangan oli, terlihat kondisi baut sudah tidak baik lagi. Berdasarkan pengakuan konsumen, baut rusak ketika hendak mencoba melakukan penggantian oli sendiri dengan menggunakan peralatan seadanya.

Apes nya lagi, arah putaran saat ingin membuka pun salah. Baut yang seharusnya diputar berlawanan arah jarum jam malah diputar sebaliknya. Hasilnya baut bukan nya longgar, malah semakin kuat terpasang dan penggunaan kunci pas turut memicu rusak nya baut.

Pada akhirnya keputusan untuk membawa ke bengkel, diambil rekan kita lantaran tidak berhasil membuka baut pembuangan oli motornya. Solusi pertama yang saya lakukan yaitu menggunakan tang stel agar bisa menjepit baut dengan kuat. Tapi sepertinya tidak membuahkan hasil juga, meski sudah dibantu dengan pengetokan pada sisi baut.

Jalan keluar yang aman pun ditempuh dengan cara mengelaskan besi ke baut. Dengan bantuan jasa bengkel las, sebuah besi menyerupai kunci T dijadikan alat bantu untuk bisa membuka baut. Meski pada awalnya sangat sulit untuk membukanya, tapi cara membuka baut pembuangan oli yang rusak dengan trik sederhana ini pun berhasil.

Baut yang sudah bisa dilepas tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru. Sedikit catatan dalam mengganti oli berkala sendiri, jangan biasakan membuka dan memasang baut dalam keadaan mesin yang masih panas. Berkenaan dengan perkakas bengkel yang digunakan, sebaiknya gunakan kunci reng atau kunci sock untuk mencegah baut menjadi rusak. Dan hal yang tak kalah pentingnya, arah membuka baut jangan sampai salah.