Ganti saringan oli Suzuki Shogun 125

Pengalaman berharga kali ini saya alami sendiri seputar ganti saringan oli Suzuki Shogun 125. Lantaran stok di bengkel kosong dan tergesa-gesa dalam membeli onderdil ke toko onderdil milik tetangga, langsung gas pol dan kembali ke bengkel untuk menyelesaikan pekerjaan.

Alhasil begitu kotak dibuka tanpa meneliti barang yang dibeli, saringan oli yang diberikan ternyata untuk New Shogun 125 FL. Setengah jengkel tapi langsung sadar diri atas kecerobohan, saringan oli yang sudah dikeluarkan dari bungkus nya tentu saja tidak akan diterima jika dikembalikan.


Kembali ke Toko onderdil yang sama dan membeli saringan oli yang baru, kali ini diteliti terlebih dahulu sebelum dibawa. Dimana letak perbedaan saringan oli Shogun 125 lama memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan New Shogun 125 FL. Berbeda nya ukuran saringan oli, tentu saja tidak bisa untuk diaplikasikan.

Kejadian ini masih ditolerir oleh juragan bengkel, lantaran orderan pengecatan untuk kontes motor di Solok sabtu depan sudah mendesak sehingga tidak bisa konsentrasi penuh saat servis. Saringan oli yang salah beli masih bisa ditaruh di bengkel dan menjadi stok untuk penggantian nantinya.

Kejadian ini semoga bisa menjadi pengalaman juga bagi rekan-rekan semua, syukur kalau pemilik toko masih terima untuk ditukarkan kembali. Tapi jika tidak, maka bisa mubajir saringan oli nya. Dan sedikit catatan penting, dalam bekerja ternyata konsentrasi harus tetap terjaga agar kesalahan fatal tidak terjadi dan menimbulkan komplain dari pemilik motor.