Penting nya merawat rantai motor

Berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke roda belakang, kerja rantai motor tentu saja tidak bisa diremehkan. Meski perfoma mesin bagus tapi rantai bermasalah, perjalanan pun akan terganggu. Penting nya merawat rantai motor, sama hal nya dengan perawatan mesin.

Berbagai cara dilakukan pengendara dalam merawat rantai motor. Ada yang melumasi rantai dengan oli bekas, mencuci dengan minyak tanah bahkan melumasi dengan gemuk. Namun kenyataan nya, tujuan untuk menjaga kondisi rantai tetap baik dan awet malah berdampak sebaliknya.


Selain kotor dan sudah tidak bisa melumasi dengan baik, oli bekas bukan nya membantu menjaga kondisi rantai. Pengikisan dalam mesin berupa serbuk / gram halus terbawa dalam oli bekas, sehingga akan mempercepat keausan jika digunakan sebagai pelumas rantai.

Begitu juga melumasi rantai dengan gemuk akan memicu keausan pada rantai karena debu dan pasir akan mudah menempel pada gemuk. Kondisi rantai yang terbuka dan tanpa tutup rantai seperti yang terdapat pada Honda Astrea Grand atau Karisma, juga memudahkan debu, pasir dan lumpur menempel pada rantai.

Satu lagi trik merawat rantai motor yang bisa mempercepat keausan rantai yaitu mencuci rantai dengan minyak tanah mau pun solar. Sepintas memang terlihat benar dan bersih, hanya saja gemuk / grease yang terdapat dalam rantai menjadi hilang.

Jadi beberapa cara yang sering kita lihat dan lakukan dalam merawat rantai, tidak semua nya mencapai tujuan yang sebenarnya. Padahal saat ini sudah terdapat pelumas rantai atau chain lube yang bisa di gunakan dengan mudah. Alternatif lain yang bisa digunakan yaitu melumasi rantai motor dengan oli baru, bukannya oli bekas.