Cara Membaca Warna Kabel di Soket CDI Mio Soul

Masih berhubungan dengan kelistrikan sepeda motor, kali ini kita membahas tentang cara membaca warna kabel di soket CDI Mio Soul. Hal ini perlu dipahami agar tidak terjadi kesalahan sekiranya ingin melakukan perubahan mau pun tindakan modifikasi sendiri.

Pada gambar terlihat ada 5 kabel pada soket yang akan terpasang pada CDI. Dan bisa diamati pada bagian kabel terdapat bagian yang sengaja dikelupas, dimana tujuan awal pemilik motor untuk membuat saklar kontak rahasia. Tapi sebaiknya kenali dulu seluk beluk nya, sebelum melanjutkan tindakan modifikasi sendiri seputar kelistrikan motor.


Kebetulan kasus yang ditemui saat ini terjadi pada Mio Soul, kita bahas seputar jenis motor ini saja. Pengapian Mio Soul yang menganut sistem pengapian DC, arus yang dibutuhkan CDI murni arus DC yang didapat dari arus aki.

Kabel warna coklat muda merupakan arus dari aki setelah melewati kontak, sementara kabel warna hitam merupakan massa body. Kabel putih strip merah dan putih strip biru berasal dari pulser yang membaca tonjolan pada magnet. Terakhir kabel warna orange merupakan arus CDI menuju Koil.

Setelah tahu arti warna kabel pada soket dan bisa membaca nya, tindakan untuk melakukan perubahan dan modifikasi baru bisa dilanjutkan. Seperti jika ingin membuat sakelar kontak rahasia, mau pun mengambil keputusan untuk tindakan perbaikan.

Tindakan menggabungkan kabel pada soket yang menuju CDI sebaiknya dipikirkan kembali. Sebab kesalahan kecil akan memicu kerusakan pada komponen kelistrikan motor. Sedikit catatan, cara kerja pengapian DC pada Mio Soul tidak bisa disamakan dengan pengapian pada Vega R lawas yang menerapkan sistem pengapian AC. Dimana pada CDI nya terdapat kabel hitam strip putih yang bisa dihubungkan ke masa body untuk mematikan mesin dan bisa dijadikan untuk kontak rahasia lewat penambahan kabel dan sakelar yang tersembunyi.