Cara Menghilangkan Baret Mika Headlamp Motor

Headlamp atau lampu utama pada motor menjadi part yang rawan lecet bahkan pecah pada saat jatuh. Disamping mengurangi cahaya dari lampu utama, penampilan motor turut berkurang nilainya. Mengganti mika saja bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasi persoalan ini. Tapi bagaimana jika untuk motor baru yang ketersediaan suku cadang nya belum bisa didapatkan dengan mudah?


Jangan gusar rekan-rekan semua. Untuk kerusakan yang tidak terlalu parah masih ada tips ringan tentang cara menghilangkan baret mika headlamp motor. Hal ini pernah saya terapkan pada Honda CB150R milik konsumen yang di cat ulang beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi mika yang hanya tergores aspal dan tidak sampai pecah, baret pada mika diampelas dengan kertas pasir atau ampelas ukuran 800. Bagian yang diampelas cukup mika yang lecet saja, lakukan sampai goresan benar-benar rata dan boleh dengan bantuan air pada saat menghaluskan lecet mika.

Setelah rata, mika yang diampelas akan terlihat buram. Untuk mengembalikan nya agar jenih dan bening, gunakan rubbing compound dan gosokkan dengan kain lembut dengan memberi tekanan pada saat menggosok.

Pada awalnya, mika ingin dilapisi dengan clear coat seperti hal nya smoke lampu utama. Hanya saja pertimbangan daya lampu yang cukup besar dan sudah menerapkan sistem AHO (Automatic Headlamp On) maka pelapisan dengan clear coat pun dibatalkan.

Meski pun hanya dogosok dengan rubbing compound namun hasilnya cukup lumayan, goresan pada mika tidak kentara lagi. Tapi retak-retak halus akibat benturan saat jatuh memang terlihat dan tidak bisa diatasi. Setidaknya cara ini bisa menjadi alternatif sementara untuk mengatasi mika headlamp baret dan belum tersedia spare part nya dipasaran.