Honda CB 150 R cat ulang karena jatuh

Nasib naas bisa menimpa siapa saja saat mengendarai sepeda motor. Berbagai hal di jalan raya bisa menjadi penyebab kendaraan yang dikendarai hilang kendali dan terjatuh. Luka dan motor lecet tidak bisa dihindari dan semua itu baru saja dialami konsumen yang datang berkunjung ke bengkel lantaran Honda CB150R nya butuh di cat ulang karena jatuh.

Motor yang baru mengaspal selama 9 bulan dan seharusnya masih tampil keren, sekarang mengalami kerusakan di beberapa bagian yang membuat pemilik kurang senang. Sayang nya motor sudah mengalami upaya perbaikan sendiri dengan mengecat ulang dengan cat semprot kemasan kaleng.


Tidak ingin mengambil resiko gagal dalam mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, seluruh body termasuk tangki terpaksa diampelas dengan sedikit lebih, agar cat semprot terkikis semua nya. Tapi jika masih cat asli, tahap mengampelas bisa lebih cepat karena cat asli tidak butuh dikerok terlalu banyak.


Untuk bagian tangki CB 150 R yang sudah di lepas stripping nya oleh pemilik motor, terlihat jelas jejak yang tinggalkan oleh bekas stripping asli. Hal ini sudah pernah di bahas pada artikel Honda CB150R jangan lepas stripping tangki.

Pada saat ingin melepas tangki dari rangka, terdapat sedikit kesulitan lantaran slang minyak dari tangki masih terhubung ke part pengabutan yang sudah menggunakan sistem injeksi. Lantaran pertama kali dalam menangani hal ini, bertindak sedikit hati-hati mutlak dilakukan agar tidak menimbulkan kerusakan pada saat melepas slang bensin yang menuju part injeksi.


Ternyata setelah melepas bagian checker, slang bensin yang menuju throttle body bisa dilepaskan dan akhir nya tangki bisa dipisahkan untuk proses pengamplasan. Pengerjaan sedikit susah karena slang berukuran pendek, hanya saja dengan bantuan seorang rekan yang memegang tangki kesulitan pun teratasi.

Hasrat untuk mengembalikan kondisi motor ke kondisi awal, sedikit terkendala karena cat warna putih mutiara yang persis bawaan motor sulit didapat didaerah. Kesepakatan pun diambil dengan mengakali dengan cat putih yang dilapisi dengan mutiara putih, dimana hasil akhirnya masih mendekati warna asli motor.