Jangan Biarkan Kabel Body Motor Terbuka

Kurang faham dengan kelistrikan sepeda motor, bisa memberi dampak buruk bahkan kerusakan pada sepeda motor. Kabel body motor yang terbuka seharusnya jangan dibiarkan begitu saja karena akan memicu kerusakan komponen yang lain. Seberapa dampak yang bisa ditimbulkan hanya karena seutas kabel body yang terbuka? mari kita bahas lebih lanjut.


Berbagi pengalaman bengkel kali ini, tentang rekan kita yang sering putus sekering bahkan sampai jengkel dan membuat hubungan langsung tanpa menggunakan sekering lagi. Solusi yang diberikan sebenarnya belum menyelesaikan masalah, sekalipun fungsi kelistrikan pada motor sudah kembali bekerja.

Agar tidak mengambang, kali ini kita bahas dulu tentang Yamaha Mio Soul milik rekan kita yang mampir kebengkel berkenaan kelistrikan motornya. Setelah diperiksa, sumber persoalan timbul dari kabel berwarna merah yang mengantarkan arus dari aki menuju kontak dan kabel berwarna coklat yang meneruskan arus aki setelah dari kontak.

Kedua kabel yang tersembunyi dibalik body motor ternyata tidak ditutupi dengan isolasi secara baik. Sehingga pada saat stang kemudi dibelokkan kearah kiri, kabel yang terbuka menyentuh rangka sehingga terjadi hubungan pendek atau korslet.

Pada saat terjadi hubungan arus pendek, sekering akan putus sesuai fungsi nya untuk mencegah hubungan arus pendek sehingga bisa mencegah terbakarnya kabel body. Membuka sekering lalu membuat sambungan langsung memang akan membuat fungsi kelistrikan kembali bekerja. Tapi resiko yang timbul menjadi lebih besar karena seluruh kabel yang mengantarkan arus dari aki akan menjadi panas bahkan meleleh.

Pada dasarnya, jangan biarkan kabel body motor terbuka dan tetap gunakan sekering. Jika terjadi kasus sekering sering putus, tindakan yang seharusnya dilakukan adalah mencari bagian yang menyebabkan terjadinya korslet. Kesalahan umum yang sering ditemui, pemilik motor memilih cara pintas dengan mengganti sekering menggunakan kabel kasar agar bisa tahan atau membuat sambungan langsung, tapi itu bukan jalan keluarnya.

Sedikit catatan kecil untuk motor Yamaha, kabel massa body berwarna hitam. Kabel berwarna merah adalah kabel yang mengantarkan arus dari aki dimana setelah masuk ke kontak akan berubah menjadi warna coklat, tapi sejatinya masih meneruskan arus dari aki.

Sekian dulu rekan-rekan semua, pada kesempatan berikutnya akan kita bahas lebih banyak hal seputar kelistrikan motor, semoga bermanfaat.