Krom Poles Bak CVT Honda Beat

Keinginan untuk mendapatkan hasil kilap yang bagus layak nya krom celup bisa diakali dengan cara poles. Menggunakan peralatan sederhana dan teknik poles yang mudah, bisa menghasilkan kilap seperti kaca. Pada kesempatan kali ini krom poles bak cvt Honda Beat dijadikan target atas permintaan rekan yang bertandang ke bengkel.

Untuk memudahkan proses pengerjaan poles, bak cvt dilepas dan cat dirontokkan dengan menggunakan paint remover yang biasa dikenal dengan soda api. Menggunakannya cukup dengan kuas atau sikat gigi, dioleskan secara merata dan tunggu beberapa saat sampai terjadi reaksi kimia yang membuat cat seperti menggelembung. Setelah itu cukup dibersihkan dengan menggunakan kape atau sendok dempul lalu dibilas dengan air.


Menggunakan soda api sebaiknya menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari bahan kimia yang bisa membuat kulit serasa terbakar dan gatal. Jika terkena kulit segera saja bersihkan dengan air dan hati-hati agar jangan sampai terkena mata.

Peralatan yang digunakan didominasi oleh gerinda tangan. Dengan mata gerinda yang diganti dengan kertas karton tebal, lalu batu hijau pun digesekkan agar menjadi serbuk halus yang membantu membuat lapisan kilap pada bak cvt. Pengerjaan tidak bisa sekali saja, mesti berulang-ulang sampai pori-pori dan goresan halus hilang sehingga kilap yang diinginkan tercapai.

Satu lagi alat bantu yang bisa mempermudah pengerjaan krom poles yaitu mata gerinda yang terbuat dari kain. Bentuknya seperti beberapa lapisan kain celana jeans yang dijahitkan dan berbentuk lingkaran seperti mata gerinda. Kelebihannya bisa mencapai sudut yang sulit terjangkau saat menggunakan mata gerinda dari kertas karton.

Pengerjaan pemolesan butuh kesabaran karena hasil tidak bisa langsung didapat hanya dengan sekali poles. Pengerjaan berulang dilakukan sampai hasil kilapnya maksimal, setelah itu bak cvt Honda Beat yang sudah mengkilap dibersihkan dengan kain sembari ditaburi tepung atau bedak.

Sisi lemah dari krom poles, daya tahan kilap biasanya tidak lama. Tidak seperti krom celup tapi saat kilap sudah berangsur buram, pemolesan ulang bisa dilakukan lagi dan tidak sesulit saat pertama kali dipoles.