Amankan CDI Satria F 150 dari tangan jahil

Tempat parkir di sekolahan belum pasti menjamin keamanan part motor. Kejadian ini menimpa seorang siswa sekolah menengah atas yang mendorong motor nya ke bengkel dengan keluhan mesin susah nyala. Dengan metoda standar cara pengecekan syarat motor hidup / nyala, ada tidak nya bahan bakar menjadi sasaran pertama.

Dengan berlagak sedikit tahu, si pemilik motor memberi tuntunan kemungkinan saluran bahan bakar tersumbat. Lantaran saat jok akan dibuka, pemilik langsung menimpali bahwa bahan bakar tersedia dalam tangki. Dengan senyum dikulum, pemeriksaan tetap saja dilakukan dengan membuka tutup tangki dan ternyata memang ada bensin dalam tangki nya.


Dilanjutkan kebagian kelistrikan, pengecekan api busi mutlak dilakukan untuk tahap awal. Lagi-lagi si empunya motor ngotot bilang saluran bahan bakar tersumbat menjadi penyebab Satria F nya susah nyala. Tapi kali ini tanpa merespon komentar pemilik, api busi di cek dan ternyata tidak terdapat percikan bunga api.

Begitu juga saat pengecekan pada koil, positif tidak terdapat percikan bunga api pertanda tidak ada nya arus yang disampaikan oleh CDI. Lanjut ke pengecekan CDI, disitu baru ketahuan bahwa komponen pengapian ini sudah tidak terdapat pada soketnya lagi.

Ternyata CDI Satria F 150 sudah hilang di tempat parkir sekolahan. Posisinya yang mudah terjangkau lantaran pemotongan pada beberapa bagian body, membuat tangan jahil semakin mudah untuk mengambil CDI.

Dengan wajah sedih setelah mengetahui CDI motor hilang, pemilik motor mencari rekan nya guna menuntun motor sampai kerumah. Harga CDI yang tidak murah tentu saja membuat rasa kehilangan semakin dalam. Maka dari itu, langkah pencegahan sebaiknya dilakukan sejak awal. Amankan CDI dari tangan jahil dengan memikirkan trik tertentu dan tidak asal potong body motor mungkin akan sedikit menghambat niat jahat terhadap komponen motor.

Semoga pengalaman rekan kita itu bisa menjadi pelajaran dan referensi bersama. Masih untung hanya part pengapian yang hilang, akan lebih menyakitkan kalau motor nya yang hilang.