Cara memperbaiki engkol Honda Vario yang loyo

Jarang digunakan membuat komponen kick starter yang biasa disebut engkol menjadi loyo begitu difungsikan. Saat di slah, engkol tidak kembali dengan cepat seolah ada yang menahan. Sebenarnya tidak ada yang rusak dan harus diganti agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya lagi.

Kebetulan kejadian ini dialami oleh rekan kita pemilik Honda Vario 110, dimana kick starter nya susah kembali lantaran jarang digunakan dan tidak pernah mendapat perhatian. Bagi rekan-rekan yang juga mengalami hal serupa, langsung saja buka bak CVT dan copot komponen yang diberi tanda pada gambar diatas.


Selanjut nya bersihkan dengan bensin atau minyak tanah kedua komponen tersebut. Setelah bersih beri sedikit gemuk / grease pada alur yang dijepit kawat dan pada kedudukannya untuk membantu kelancaran putaran.

Apakah perlu membongkar bagian yang lain nya? Jika punya waktu lebih, sebaiknya semua bagian yang bergesekan perlu diberi gemuk. Tapi jika ingin simpel, membersihkan dua komponen tersebut sudah cukup mengatasi persoalan engkol yang loyo.

Sebelum dipasang kembali, sebaiknya ditest terlebih dahulu untuk memastikan bahwa engkol sudah tidak seret lagi dan bekerja sebagaimana mestinya. Jangan lupa bersihkan bagian dalam bak cvt dari debu dan kotoran, dibantu dengan angin bertekanan dari kompresor akan mempermudah untuk menyingkirkan debu.

Setelah semua bersih, pasang bak cvt kembali. Sedikit catatan dalam pemasangan, kencangkan semua baut secara merata sedikit demi sedikit. Hindari cara mengencangkan satu baut sampai terkunci dengan erat, tujuannnya agar semua baut terpasang dengan kekuatan merata.

Sekian dulu semoga bermanfaat dan memberi inspirasi bagi rekan-rekan yang suka memperbaiki motor sendiri.