Kiprok Mio Soul dan arti warna kabel nya

Masih berhubungan dengan kelistrikan sepeda motor, melanjutkan pembahasan terdahulu terhadap Yamaha Mio Soul yang sempat diperbaiki di bengkel. Kali ini kita kupas sedikit tentang kiprok dan arti warna kabel nya yang terdapat pada soket nya.

Meski hanya terdapat 4 buah kabel dengan warna yang berbeda, apa bila diurut maka terlihat sedikit kejanggalan. Pada soket terdapat kabel warna kuning yang sedikit meragukan asal kabel tersebut. Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu per satu arti warna kabel yang ada.


Kabel dengan warna hitam, sebagai catatan untuk motor Yamaha kabel ini adalah kabel masa body. Kabel warna putih merupakan arus untuk pengisian, dimana kabel ini berasal dari spull. Sementara kabel merah berhubungan dengan aki.

Kejanggalan terdapat pada kabel warna kuning, jika ditelusuri sekilas dari spull tidak terdapat kabel kuning polos seperti yang terdapat pada soket kiprok. Pada spull hanya ada 3 kabel yaitu hitam, putih serta kuning bergaris merah. Sementara kabel putih strip biru dan putih strip merah berasal dari pulser menuju CDI.

 Jadi dari mana kabel warna kuning polos berasal? kabel ini berhubungan dengan kabel kuning strip merah, sambungan nya terdapat pada bagian tengah kabel body dan tertutup oleh isolasi yang membungkus seluruh kabel. Jadi kesimpulannya kabel kuning pada soket kiprok mio soul sejatinya masih kabel kuning strip merah yang berasal dari spull, berfungsi untuk penerangan lampu utama.