Kursus Mekanik Motor Cara Cepat Belajar Bongkar Mesin

Rekan-rekan MotorExpose semua, sekedar berbagi cerita dan tidak ada maksud lain, siapa tahu bisa memberi sedikit pencerahan mau pun inspirasi. Tapi yang pasti kita tidak akan membahas soal baju mau pun pakaian, melainkan soal kursus mekanik motor yang bisa menjadi alternatif bagi rekan-rekan yang berminat dan ingin cara cepat belajar bongkar mesin motor.

Referensi kali ini dari pengalaman pribadi mengikuti pelatihan di tempat kursus mekanik sepeda motor. Berawal dari minat dan didesak keadaan lantaran dua kali gagal menyelesaikan kuliah, akhir saya memutuskan untuk membuka usaha bengkel sendiri dengan modal seadanya.


Selang beberapa bulan, perkembangan usaha bengkel bukannya membaik tapi sebaliknya semakin memburuk. Pelajaran yang bisa saya petik saat itu, bahwa basic terbaik untuk membuka usaha bengkel adalah ilmu yang mumpuni. Maka dengan berat hati, usaha pertama ditutup dan saya pun memutuskan untuk bekerja di bengkel orang.

Dua kali keluar masuk bengkel, bekerja sambil belajar ternyata tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Transfer ilmu terasa lambat dan membuat saya bosan, sampai akhirnya  saya membulatkan tekat untuk mengikuti pelatihan di HTM Pekanbaru.

Keputusan untuk mengikuti kursus mekanik sepeda motor saya ambil dengan alasan: ini lah cara cepat belajar bongkar mesin. Dengan metoda satu guru yang membimbing satu siswa serta satu unit sepeda motor, proses tranfer ilmu berjalan sangat cepat. Disamping itu, teori langsung praktek membuat pemahaman akan ilmu yang diajarkan semakin cepat tertanam.

Meski sebelum mengikuti pelatihan saya sudah bisa bongkar pasang mesin motor sendiri, ternyata semua itu belum cukup mumpuni. Pelajaran teori dasar yang baik saya saat pelatihan, menyadarkan saya bahwa kemampuan yang saya miliki hanya sebatas bisa bongkar pasang mesin namun tidak paham teori.

Berbekal ilmu yang didapat saat pelatihan, saya pun memulai kembali usaha bengkel dengan sedikit lebih baik. Dipadu dengan ilmu cat dan airbrush motor yang sudah saya miliki juga sebelumnya, basic ilmu menjadi tulang punggung usaha yang cukup kuat. Alhasil dengan modal seadanya dan perkakas bengkel yang minim, saya sudah bisa mendirikan usaha lagi.

Alhamdulillah, setelah 10 tahun belakangan saya bisa menafkahi keluarga dengan bekal ilmu saat mengikuti kursus mekanik sepeda motor. Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga cerita singkat tadi bisa memberi inspirasi dan sedikit pencerahan bagi yang ingin cara cepat belajar bongkar mesin.