Paking Knalpot dan Persoalannya

Rekan-rekan MotorExpose semua, kali ini sebuah tips ringan yang sering dianggap remeh tapi banyak juga yang kewalahan karena part kecil ini. Dari penamaan mau pun istilah, komponen motor yang satu ini akrab disebut Paking Knalpot mau pun Perpak Jus Knalpot.

Lanjut dan tidak membahas soal istilah lagi, paking knalpot berfungsi untuk mencegah kebocoran. Tanpa menggunakan nya saat memasang knalpot pada kedudukannya akan beresiko bocor. Untuk motor 4 tak yang sering timbul suara nembak saat gas ditutup, kerap kali disini letak persoalannya.



Sebagian kita bisa saja miliki pendapat yang berbeda dalam mengaplikasikan nya. Ada yang menumpuk bahkan sampai 3 buah dan ada pula yang tidak memakai sama sekali. Dari pada repot, sebaiknya pakai aturan yang semestinya yaitu cukup satu paking knalpot karena memang dari pabrikan sudah begitu.

Sebagai catatan kecil, ukuran paking knalpot setiap motor tidak sama. Jadi saat ingin mengganti jika paking sudah tidak dalam keadaan baik lagi, bawa contoh paking saat ingin membeli yang baru. Seperti kasus yang sering ditemui, paking Honda Vario tidak bisa subsitusi dengan Yamaha Mio begitu pula sebaliknya. Jadi agar tidak bolak balik hanya untuk mendapatkan barang yang dimaksud, sebaiknya bawa contoh barang. Sebab kekeliruan bisa datang dari pedagang yang kurang paham, mau pun dari pembeli yang ragu ukuran yang pas.

Komponen motor yang satu ini dijual dalam bentuk satuan, jadi tidak perlu membeli Paking Top Set hanya untuk mendapatkan paking knalpot nya. Ini berlaku untuk motor 4 tak pada umumnya, jadi jangan mau ditawari paking top set untuk komponen yang bisa dibeli satuan.

Artikel ini ditulis berdasarkan kejadian yang dialami di bengkel, sering kali konsumen bingung dengan ukuran paking yang dibeli bahkan tidak tahu untuk motor jenis apa. Bisa jadi dia pun disuruh orang untuk membeli nya. Dan ada juga yang menawar untuk membeli paking top set sekedar untuk paking knalpot, mubajir rekan-rekan semua. Tapi untuk yang menjual pasti saja tetap untung.

Sedikit catatan lagi untuk tipe knalpot yang memiliki sambungan seperti Yamaha RX King dan F1ZR, silahkan dilepas sambungan nya untuk mengganti paking yang juga terdapat diantara leher dan badan knalpot. Main getok sampai mentok untuk mengencangkan sambungan tidak akan mengatasi masalah, alhasil oli sisa pembakaran merembes dibagian ini. Bahkan kebocoran akibat kondisi paking yang sudah tidak baik lagi, bisa membuat asap keluar di sambungan pipa buang motor jenis 2 langkah ini.

Sekian dulu rekan-rekan semua, jangan lupa terus ikuti MotorExpose dengan berbagai pembahasan seputar sepeda motor, tidak sebatas Airbrush dan modifikasi saja.