Pentil Tubeless Untuk Motor

Sekedar berbagi cerita untuk rekan-rekan semua, bagi sebagian kita mungkin sempat memperhatikan benda kecil yang hebat ini. Kenapa tidak, meski ukurannya lebih kecil dari jari tangan tapi bisa menggantikan fungsi benda yang lebih besar. Mari kita bahas lebih dalam tentang kedua pentil tubeless untuk motor berikut ini.

Rekan-rekan sudah tahu seberapa besar ukuran ban dalam motor, dengan mengaplikasikan ban tipe tubeless maka pentil ini yang menggantikan fungsi ban dalam pada motor. Sebagai tambahan referensi, untuk beberapa daerah ban dalam dikenal juga dengan sebutan benen. Jadi jangan heran jika melihat tulisan tambal benen saat berkunjung ke daerah tertentu di tanah air Indonesia ini.


Masih berhubungan dengan istilah yang tergantung daerah, pentil juga memiliki nama lain yaitu pentin. Rada aneh tapi begitulah kekayaan perbendaharaan kata kita. Dimana pada umumnya yang mudah ditemui di toko onderdil sepeda motor yaitu pentil tubeless jenis logam yang menggunakan mur. Untuk jenis karet biasanya diaplikasikan pada mobil. Jika info nya kurang akurat, silahkan dikoreksi lagi.

Tapi jika kita perhatikan untuk motor keluaran baru seperti Honda CB150R yang sudah semakin banyak wara-wiri sampai jalanan di daerah, pentil tubeless yang digunakan merupakan jenis karet tanpa menggunakan mur saat pemasangan nya.

Cara memasang pentil tubeless untuk motor tetap sama, yaitu sama-sama tidak menggunakan ban dalam lagi. Untuk pentil jenis logam dipasang dari luar velg lalu mur dipasang dari dalam, sementara untuk jenis pentil karet dipasang dari dalam lalu ditarik keluar sampai terpasang sempurna.

Sedikit catatan saat melakukan penggantian sendiri pada motor kesayangan, jangan lupa untuk mendeteksi kebocoran dengan cara menyiramkan air di pangkal pentil atau bisa juga dengan menggunakan air sabun yang dioleskan dengan bantuan kuas.Jika terdapat kebocoran, langkah terbaik adalah kembali memasang pentil tubeless sampai benar dan tidak ada kebocoran udara sama sekali.

Sekian dulu rekan-rekan MotorExpose semua, meski kecil tapi fungsinya hebat dan meski sederhana semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bersama. Jangan lupa ikuti terus MotorExpose, kita akan bahas ulasan seputar motor tidak hanya sebatas airbrush dan modifikasi.