Sekilas Tentang Mesin Motor 4 Tak

Melanjutkan artikel sebelumnya rekan-rekan semua, pada kesempatan ini kita bahas sekilas tentang mesin motor 4 tak dulu. Dimana untuk sukses membongkar dan memasang nya kembali, kita sebaiknya tahu cara kerja mesin jenis 4 langkah ini.

Motor bakar empat langkah yang biasa disebut mesin 4 Tak, membutuhkan empat kali langkah piston untuk satu kali siklus pembakaran. Langkah-langkah tersebut yaitu: langkah isap, langkah kompresi, langkah kerja dan langkah buang.


Pada saat langkah isap, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Saat itu klep masuk terbuka dan bahan bakar terisap kedalam silinder. Sementara klep buang berada dalam keadaan tertutup.

Piston kembali bergerak dari titik mati bawah menuju titik mati atas, bahan bakar yang sudah masuk pun dikompresikan. Klep masuk dan buang sama-sama dalam keadaan tertutup rapat. Sebelum piston mencapai titik mati atas, busi memercikkan bunga api tegangan tinggi. Langkah ini yang di maksud dengan langkah kompresi.

Jika rekan-rekan membongkar mesin motor 4 tak yang masih memiliki baut setelan klep, saat piston sudah tepat di puncak / titik mati atas (TMA) bisa dirasakan baut dalam keadaan longgar atau bebas. Dan pada saat ini lah penyetelan klep dilakukan.

Langkah berikutnya adalah langkah kerja, piston bergerak dari titik mati atas menuju titik mati bawah karena dorongan dari hasil pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Kedua klep dalam keadaan tertutup.

Langkah terakhir yaitu langkah buang, dimana gas sisa pembakaran dibuang saat piston kembali bergerak dari titik mati bawah menuju titik mati atas. Pada saat ini klep buang dalam keadaan terbuka dan klep masuk dalam keadaan tertutup.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan tidak membosankan. Karena itu lah kita kupas sedikit demi sedikit agar artikel yang berbau teknik tidak terasa rumit. Pokoknya terus ikuti, pada kesempatan berikutnya akan kita kupas lebih dalam sampai sukses bongkar pasang motor sendiri.