Cara menentukan Top sebelum stel klep


Rekan-rekan MotorExpose, bagi yang ingin melakukan penyetelan klep motor sendiri hal pertama yang harus dipahami yaitu posisi piston harus berada pada titik mati atas (TMA) pada akhir langkah kompresi. Biasanya di istilahkan dengan "TOP", jika sudah didapat maka penyetelan celah klep baru boleh dilakukan.

Berikut kita kupas sekilas cara menentukan TOP sebelum stel klep, dimana beberapa point penting yang harus dilakukan yaitu : Memutar poros engkol, melihat tanda pada lubang intip dan sejajarkan tanda pada gigi Kem / Noken As. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih dalam.


Memutar poros engkol bisa dilakukan dengan bantuan kunci sok, sambil melihat tanda yang terdapat pada magnet melalui lubang intip yang terdapat dekat lubang kita memutar poros engkol. Dari lubang intip akan terlihat dua buah tanda, satu tanda pengapian dan satu nya  lagi tanda untuk piston berada pada titik mati atas. Agar tidak keliru, kita perhatikan gambar berikut ini.


Tanda yang diberi lingkaran kuning adalah tanda yang kita maksud, bukan tanda yang berada pada lingkaran merah. Tapi tentu saja tidak harus melepas bak magnet untuk melihat tanda ini. Jadi jangan salah mengartikan nya, gambar ini diambil kebetulan sedang proses bongkar mesin untuk mengganti rol keteng yang patah beberapa waktu yang lalu, silahkan baca artikel terdahulu.


Tahap selanjutnya yaitu sejajarkan tanda pada gigi kem / noken as sambil tetap memastikan tanda pada magnet juga sudah pas. Jika posisi ini sudah didapat, piston akan berada pada titik mati atas dan klep dalam keadaan terbebas, ditandai dengan baut setelan klep sedikit longgar. Pada saat ini lah waktu yang tepat untuk menyetel klep motor.

Rekan-rekan semua, jelas sudah beberapa point yang harus kita kuasai sebelum melakukan penyetelan pada celah klep motor. Jadi jangan langsung stel begitu tutup klep terbuka, jangan lupa cara menentukan TOP sebelum stel klep. Sekian dulu semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bersama. Ikuti terus MotorExpose, kita akan bahas lebih banyak hal lagi seputar sepeda motor.