Cara menggunakan obeng ketok

Rekan-rekan MotorExpose, palu dan obeng ketok bukan barang aneh lagi bagi yang sering berhubungan dengan perkakas bengkel. Tapi untuk rekan-rekan yang belum pernah menggunakan nya, dipastikan agak bingung juga pada awalnya. Bahkan ada yang salah sangka lantaran melihat mekanik main ketok saat buka baut.

Pembahasan kita kali ini tidak lebih dari sekedar berbagi informasi dan tidak bermaksud untuk menggurui. Disamping itu juga untuk menambah wawasan kita tentang peralatan bengkel dan cara menggunakannya, termasuk cara menggunakan obeng ketok.



Cara kerja obeng ketok sebenarnya sederhana, dengan mengetok maka mata obeng akan berputar sendirinya. Nah, arah putar nya tergantung pada setelan dibagian obeng, jika diputar ke kanan maka mata obeng akan berputar ke arah kanan, begitu juga sebaliknya.

Obeng ketok sangat berguna saat membuka dan mengencangkan baut mesin. Tanpa alat ini dijamin proses membuka baut menjadi sulit dan pada saat memasang pun tidak akan sekencang menggunakan obeng ketok. Bagi yang tidak punya biasanya memilih cara mengetok baut mesin dengan obeng min, tapi cara itu kurang tepat karena bisa merusak baut.

Banyak juga yang kurang faham dengan cara kerja perkakas ini, terbukti dengan komentar rekan yang bertandang ke bengkel. Dengan polos dan lugu nya membanding cara kerja bengkel tetangga yang suka main pukul saat membuka baut.

Pada saat diperlihatkan sebuah palu dengan obeng ketok, rekan kita membenarkan bahwa alat seperti ini yang digunakan. Sembari memberi penjelasan bahwa memang begitu cara membuka baut dengan obeng ketok, dia pun sepertinya baru tahu bahwa selama ini penilaian nya ternyata salah.


Akhirnya rekan kita mengakui sendiri bahwa dia yang tidak tahu lantaran yang pernah dilihat, baut mesin motor dibuka dengan kunci T. Sebenarnya perkakas bengkel yang digunakan untuk membuka dan memasang baut mesin pun tidak hanya obeng ketok dan kunci T, sebab untuk yang sudah mengganti baut mesin dengan baut variasi malah yang digunakan adalah kunci L.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama. Ikuti terus MotorExpose, kita akan bahas serba-serbi sepeda motor tak sebatas airbrush dan modifikasi.