Deteksi Suara Mesin Yamaha Jupiter Z Kasar

Rekan MotorExpose, berbagi pengalaman kali ini tentang cara mendeteksi suara mesin Yamaha Jupiter Z yang tiba-tiba berubah kasar. Kejadian ini saya alami sendiri pada motor yang menjadi sarana transportasi harian untuk beraktivitas.

Yamaha Jupiter Z keluaran 2003 ini berstatus motor bekas satu tangan, saya dapatkan dari adik sendiri yang ingin mengganti kendaraannya dengan motor baru. Hitung-hitung dari pada dijual kepada orang lain, lebih baik saya rawat kembali karena kondisi motor yang masih baik.


Selang beberapa bulan pemakaian timbul suara kasar pada mesin. Tanpa pikir panjang dengan perkakas bengkel seadanya, bongkar pasang mesin Jupiter Z pun langsung dilakukan. Alhasil ditemukan sumber kerusakan terdapat pada roll keteng yang biasa juga disebut roll temeng.

Tonjolan pada roll keteng yang berbahan plastik keras, ternyata lepas sehingga tensioner tidak bisa menekan roll keteng agar ketegangan rantai keteng bisa terjaga. Akibatnya rantai keteng menjadi kendur dan menimbulkan suara kasar pada mesin.

Jika ditelusuri lebih dalam penyebab rusaknya roll keteng, lantaran usia pakai yang sudah mencapai 11 tahun. Jadi wajar saja keausan terjadi dan berakhir dengan patah dan copot. Tahap selanjutnya adalah mengganti roll keteng yang rusak. Lantaran yang rusak pada roll bagian atas, langkah bongkar bak magnet terpaksa dilakukan karena roll atas terpasang dengan baut. Beda dengan roll bawah yang bisa langsung dicopot untuk penggantian saat sudah aus mau pun terjadi kerusakan.

Untuk rekan-rekan yang memiliki persoalan yang sama, jangan panik karena harus bongkar mesin dan mengganti part motor yang rusak. Pada kesempatan berikut akan kita kupas cara membongkar bak magnet Yamaha Jupiter Z sebagai lanjutan.  Sekian dulu rekan MotorExpose, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama.