Membuka tutup klep gunakan perkakas bengkel yang tepat

Rekan-rekan MotorExpose, berbagi pengalaman kali ini seputar kebiasaan dalam bongkar pasang motor sendiri. Rata-rata kita melupakan dan menganggap remeh hal-hal kecil yang sebenarnya penting untuk dibiasakan. Seperti membuka tutup klep sebaiknya gunakan perkakas bengkel yang tepat.

Meski pun aksi bongkar pasang dilakukan untuk motor sendiri, jika tidak dikerjakan dengan benar bisa membuat semua bagian yang dibuka maupun dipasang akan rusak. Tertib dalam menggunakan peralatan bengkel, tidak hanya mencegah kerusakan tapi juga memudahkan kita dalam pengerjaan.


Sebenarnya tips ini sudah ketinggalan zaman sebab rata-rata kepala silinder motor sudah tidak menggunakan desain seperti ini lagi. Tapi jenis motor yang memiliki tutup klep seperti ini masih banyak beredar. Rata-rata pabrikan menerapkan desain tutup klep seperti ini untuk rakitan lama.

Berdasarkan pengamatan sendiri, kebiasaan menggunakan perkakas bengkel yang tidak tepat membuat tutup klep menjadi aus bahkan dol. Parahnya lagi, aksi ketok dengan obeng menjadi pilihan lantaran tidak memiliki peralatan bengkel yang memadai. Alhasil, tutup klep rusak bahkan ada yang sampai pecah.

Sebenarnya untuk yang suka bongkar pasang serta setting motor sendiri, melengkapi perkakas ada baiknya. Tapi jika hanya untuk sekali waktu saja, pinjam peralatan bengkel terdekat boleh juga dilakukan. Namun dengan catatan, jangan lupa untuk mengembalikan.

Kesalahan umum yang sering terjadi yaitu salah arah saat membuka tutup klep buang, lantaran posisinya dibawah sering keliru untuk membukanya. Maksud hati hendak membuka tapi malah sebaliknya dan berakhir dengan patah.

Pada saat memasang tutup klep, ada baiknya kencangkan sedikit demi sedikit dan tidak perlu dengan tenaga penuh. Karena bahan logam tutup klep tidak terlalu kuat apa lagi yang sudah tidak asli. Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bersama.